Senin, 06 Desember 2010

Daftar Sekolah Teologi (STT) Terbaik di Indonesia

Berikut adalah daftar dari Sekolah Tinggi Teologi (STT) terbaik yang ada di Indonesia yang saya rangkum.
Dan apa yang saya tulis ini bukanlah berdasarkan urutan, hanya untuk membantu rekan pembaca untuk mendapatkan referensi. Saya juga terbuka jika rekan-rekan ingin memasukkan informasi mengenai STT yang ada di Indonesia.
Ini bukanlah versi resmi dari Dinas Kependidikan atau darimanapun, seandainya ditanya ini versi siapa, ini adalah versi "pastorgarrytengker.blogspot.com", artinya tentu saja bahwa daftar ini tidak bisa dijadikan saduran resmi.
Adapun penilaian yang saya berikan didasari beberapa hal:
1. Eksistensi Sekolah.
Artinya, sekolah itu keberadaannya diakui oleh Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan. Biasanya hal ini dibuktikan dengan adanya penyelenggaraan Ujian Negara yang diadakan oleh sekolah tersebut.
2. Lulusan.
Lulusan yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi, baik dalam dunia keKristenan ataupun dalam kehidupan bersosial dan bernegara.

Adapun yang menjadi bahan pertimbangan lainnya adalah karena sekolah tersebut sudah dikenal secara luas dalam pendidikan Theologia. Dan daftar ini dibuat tanpa sama sekali tidak berdasarkan denominasi ataupun doktrin yang diajarkan.
Menurut data yang saya dapatkan, ada banyak sekali sekolah theologi yang menjamur di Indonesia. Di Jakarta saja, ada sekitar 42 Sekolah. Dan inilah daftar Sekolah Teologia Terbaik di Indonesia. Sekali lagi, daftar ini dibuat bukan berdasarkan peringkat, dan jika anda memiliki beberapa masukkan, silahkan kirimkan dan dilengkapi dengan data STT tersebut.

1. Sekolah Tinggi Teologia Jakarta (STT Jakarta)
Aliran: Protestan
Lokasi: Jl. Proklamasi, Jakarta
Lulusan: J.L. Ch. Abineno, Jan Sihar Aritonang, A.A. Yewangoe (Ketua PGI), Nathan Setiabudi (Ex-Ketua PGI), Eka Dharmaputra, Karel Sosipater.
STT ini didukung oleh banyak sekali gereja khususnya gereja beraliran Protestan dan juga sebagian besar anggota PGI.
Sekolah Tinggi Teologi (STT) Jakarta adalah perguruan tinggi teologi yang tertua di Indonesia. Sekolah ini didirikan  pada tanggal 9 Agustus 1934 di Bogor dengan nama Hoogere Theologische School (HTS). Prof. Dr. Th. Mülller-Krüger, pejabat rektor STT Jakarta (rektor pertama adalah Dr. J.R. Sloetemaker de Bruine).
Ada banyak lulusan STT Jakarta yang saat ini dikenal oleh jemaat Kristen di Indonesia, khususnya dalam hal penulisan buku, dosen dan bidang pengajaran lainnya.
Info lengkap, klik disini

2. Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT)/South East Asia Bible Seminary
Aliran: Protestan/Reformed
Lokasi: Jl. Arief Margono, Malang
Lulusan: Stephen Tong, Daniel Lucas Lukito, Herlianto
Diawal tahun 1952, Dr. Gih, seorang missionaris dari Tiongkok, mengunjungi Indonesia untuk kedua kalinya setelah kunjungan pertama yang dilakukan dalam rangka penginjilan, sekaligus mempersiapkan pekerjaan untuk memulai Sekolah Teologi, dan telah memilih Bandung sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan. Tidak lama kemudian, Dr. Gih membeli sebuah rumah tinggal di jalan Pasundan 54 sebagai tempat untuk Pendidikan Teologi, yang pada saat itu dinamai Sekolah Teologia Madrasah Alkitab Asia Tenggara (MAAT).
Di samping Dr. Gih merintis Sekolah Teologia, ia juga merintis sebuah gereja, yaitu Gereja Kristen Kalam Kudus bersama beberapa orang Kristen Hakka di Jakarta.
Dua tahun kemudian, yakni pada 1954 Sekolah Teologia dipindahkan ke Malang, Jawa Timur, dan diganti namanya menjadi Seminari Alkitab Asia Tenggara.
Sekolah Teologia ini banyak sekali menghasilkan Teolog beraliran Reformed garis keras. Mereka memperkuat pengajaran mereka khususnya dalam bidang Sistematika (Doktrin).
Info lengkap, klik disini

3. STT Bethel Indonesia / d.h.Institut Teologia dan Keguruan Indonesia (ITKI)
Aliran: Kharismatik/Pentakosta
Lokasi: Petamburan, Jakarta
Lulusan: Gilbert Lumoindong, Erastus Sabdono, K. Heruyono.

Institut Theologia dan Keguruan Indonesia (ITKI) yang juga lebih dikenal dengan sebutan Seminary Bethel ini merupakan Lembaga Pendidikan Nasional Theologia (National Bible Training College of Bethel Church) dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI). Jadi mayoritas alumninya ditempatkan ke dalam Sinode GBI sendiri, walaupun ada beberapa juga yang bukan dari GBI.
Sekolah ini seolah menghapus pandangan umum tentang orang-orang Kharismatik yang dianggap tidak berpendidikan. Bukan hanya berbicara mengenai praktik, tapi sekolah ini juga berani membela doktrin Kharismatik yang sesuai Alkitab. Saat ini, ITKI dapat dibilang sebagai Sekolah Teologia beraliran Karismatik terbaik di Asia Tenggara bahkan mungkin di Asia.

4. Institut Injili Indonesia (I-3 Batu Malang)
Aliran: Injili
Lokasi: Batu Malang
Lulusan: Sudarmadji Said, James Baware
Sekolah ini lahir dari pergumulan orang-orang beraliran Injili yang dimulai dengan gerakan Penginjilan besar-besaran yang dilakukan oleh salah satu tokoh Injili paling terkemuka di Indonesia, Petrus Octavianus. Memang lulusan yang dilahirkan oleh gereja ini biasanya akan membuka suatu pos di daerah terpencil ataupun daerah yang memang belum atau sedikit dijamah oleh gereja lain. Hal ini yang menyebabkan lulusan dari tempat ini tidak sepopuler lulusan dari STT lainnya.
Bertempat di Batu (Malang) yang juga merupakan "sarang" dari beberapa gereja dan STT besar, I-3 bersama Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) mempelopori persekutuan injili Indonesia (PII) yang merupakan wadah yang mirip PGI namun beraliran Injili. Aliran Injili biasanya agak sedikit flexibel, sehingga kita bisa melihat ada banyak Pendeta Injili yang kemudian melayani di gereja Reformed dan ada banyak juga yang melayani di gereja Kharismatik.
Satu hal yang paling populer dari Petrus Octavianus adalah ketika dia mendoakan Yesaya Pariadji ketika baru hendak membuka gereja. Dalam doanya dia berkata bahwa Pariadji akan memimpin suatu gereja yang sangat besar, dan doa itu nyatanya memang dikabulkan.
Info lengkap, klik disini

5. Sekolah Tinggi Teologia Reformed Indonesia (STTRI)
Aliran: Reformed
Lokasi: Kemang Utara, Jakarta

Dahulu nama STT ini adalah STT-RII (Sekolah Tinggi Teologia Reformed INJILI Indonesia), namun diubah menjadi STTRI. STT ini memang tidak terlalu lama berdiri dibandingkan STT lainnya diatas, namun satu hal yang patut menjadi perhatian adalah ketika para lulusan dari STT ini pergi keluar dan membela mati-matian doktrin keselamatan yang mereka anut.
Hal ini tidak lepas dari pendiri STT ini sendiri, yaitu Pdt. Stephen Tong yang memang sangat kuat dalam hal pengajaran doktrin. Lulusan yang dihasilkan tidak bisa diragukan lagi pengetahuan Alkitabiahnya, walaupun seringkali dianggap dan menganggap orang Karismatik sebagai musuh utama mereka.
Lepas dari itu semua, lulusan dari STT ini dalam ruang lingkup Jakarta bisa disetarakan dengan lulusan dari STT Jakarta.

-Balasan dari STT RII, yang saya anggap sebagai klarifikasi tulisan saya diatas-
STTRII yg didirikan pd th 1991 ini didirikan oleh 3 orang hamba Tuhan: Pdt. Stephen Tong, Pdt. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub Susabda. Sejak th. 2008, Pdt. Yakub Susabda-lah yg menjabat sbg rektor STTRII. Sayang sekali kami dikenal sbg "pembenci Kharismatik," tentu ini stereotip yg tdk menyenangkan bukan hanya bagi saudara2 kharismatik, tapi juga bagi kami segenap civitas akademika STTRII. Ada bbrp hamba Tuhan Kharismatik saat ini sdg melanjutkan studi di tempat kami, tnp meninggalkan pelayanan mrk di grj mereka. Bbrp alumni kami bahkan melayani di gereja kharismatik. Utk lbh jelasnya ttg STTRII dan spirit pelayanan kami, lihat informasi yg bisa diakses di sttrii.blogspot.com.



6. STT Duta Wacana
Aliran: Protestan
Lokasi: Yogyakarta
Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana didirikan pada tahun 1962 sebagai penggabungan dari Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang. STT ini kemudian bergabung dengan Universitas Duta Wacana.
Pada awalnya sekolah Tinggi Theologia ini hanya di dukung oleh enam gereja saja yaitu: Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Tengah (GKI Jateng), Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Timur (GKI Jatim), dan Gereja Injili Tanah Jawi (GITJ). Dukungan gereja semakin bertambah dengan bergabungnya Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Barat (GKI Jabar), Gereja Kristen Sumba (GKS), Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI), Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB), Gereja Kristen Pasundan (GKP), Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB), Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS).
Info lengkap, klik disini

7. Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia (STT Baptis)
Aliran: Baptis
Lokasi: Semarang
Secara historis, STBI didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention tanggal 11 Oktober 1954, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia.
Pada bulan Juli 1971, Misi Baptis Indonesia menghentikan program reguler STBI dan menggantinya dengan program pendidikan teologia ekstensi di daerah-daerah, namun pada bulan Juli1979 program reguler kampus dengan sistem asrama dibuka kembali.
Sama seperti halnya ITKI, STT Baptis juga berperan untuk menghilangkan pendapat bahwa mereka adalah orang yang tak berpendidikan. Dengan hadirnya STT ini, mereka membuktikan bahwa gerakan yang mereka anut (Fundamental) bukan hanya suatu gerakan radikal semata tanpa adanya alasan theologis.
Info lengkap, klik disini

8. Sekolah Tinggi Teologia Injili Indonesia
Aliran: Injili

Lokasi: Yogyakarta
Program: S1-S3
Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia (STTII) Yogyakarta adalah lembaga pendidikan tinggi teologi di Indonesia hasil kreasi anak negeri ini, yang telah diakui oleh lembaga pendidikan teologi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Beberapa alumnus STTII Yogyakarta telah diterima untuk menempuh studi lanjut di berbagai Pendidikan Tinggi Teologi di Asia, Australia, Eropa dan Amerika. STTII lahir di tanah air Indonesia tercinta ini berkat Visi Ilahi yang dikaruniakan kepada hamba-Nya Pdt. Christ Marantika, Th.D., D.D. Visi tersebtu terus didoakan, digumuli, dipersiapkan realisasinya pada saat beliau menempuh pendidikan ii Dallas Theological Seminary, Dallas, Texas, USA.

Info lengkap, klik disini.


9. Sekolah Tinggi Theologia Aletheia
Aliran: ---
Lokasi: Lawang, Jawa Timur
 Seiring dengan perkembangan pelayanan Gereja Kristus Tuhan, kebutuhan akan hamba Tuhan pun semakin meningkat. Kebutuhan ini sangat disadari oleh beberapa orang tokoh Gereja Kristus Tuhan antara lain Tua-Tua Koo Twan Tjhing, Liong Sing Ngien, Liem Boen Pin, Pdt. Joseph Tong dan yang lainnya. Mereka berpendapat bahwa sudah waktunya GKT memiliki sebuah lembaga pendidikan teologia. Harapan tersebut pada akhirnya bisa terwujud dalam Sidang Sinode GKT pada bulan Januari 1968 yang memutuskan untuk mendirikan sebuah Institut Alkitab sekaligus membentuk Panitia Persiapan Institut Alkitab GKT.
Setelah memakai nama “Institut Alkitab GKT” (Truth Bible Institute), maka pada tahun 1971 nama tersebut diubah menjadi “Institut Theologia Aletheia”. Perubahan nama tersebut dilakukan dengan pertimbangan agar lembaga pendidikan theologia ini bisa mengembangkan pelayanannya dan menjangkau gereja-gereja yang lebih luas.
Seiring dengan meningkatnya kegiatan di Institut Theologia Aletheia dan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa, maka keberadaan gedung ITA dirasa sudah tidak memadai lagi. Untuk itu dirasa perlu penambahan gedung dan ruangan dan dengan berkat Tuhan, ITA dapat menyewa sebuah rumah di Jl. Gawang Argo No. 3 Lawang untuk Asrama Putra dan membeli beberapa rumah di Jl. Argopuro No. 28 dan No. 30 Lawang.
Info lengkap, klik disini

10. STT Amanat Agung
Aliran: Protestan (Calvinis)
Lokasi: Kebun Jeruk, Jakarta

Terbeban oleh keinginan untuk menghasilkan pekerja-pekerja yang bermutu bagi pekerjaan penuaian di ladang Tuhan, maka sejak 1992 Majelis dan para Hamba Tuhan Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB) Jakarta, sekarang Sinode Gereja Kristus Yesus, telah menggumuli kemungkinan-kemungkinan untuk mendirikan lembaga pendidikan teologi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Setelah 10 tahun pertama STTAA menggunakan gedung kampus di kompleks Green Ville C3/1, Jakarta Barat, mulai Agustus 2007 STTAA menempati kampus baru di Jalan Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat.
STTAA adalah lembaga pendidikan teologi yang bersifat interdenominasi, karena itu STTAA menerima mahasiswa dari berbagai denominasi gereja. STTAA telah menjadi anggota Perhimpunan Sekolah-sekolah Teologi di Indonesia(PERSETIA) dan Asia Theological Association(ATA).
Info lengkap, klik disini

11. STT Bandung
Aliran: Injili
Lokasi: Bandung
STT ini terletak di Jalan Dr. Junjunan No. 105 Bandung 40173, Indonesia dan berafiliasi dengan GII Hok Im Tong.
 Info lengkap, klik disini


12. STT SAPPI
Aliran: Protestan 
Lokasi:Puncak, Jawa Barat

Pada awal tahun 1993, Bapak Pdt. Yohan Candawasa, S.Th (saat itu beliau menjabat sebagai hamba Tuhan GKIm Ka Im Tong yang ditempatkan dalam Komisi Misi) mencetuskan visi di dalam pelayanan penginjilan secara holistik untuk menjangkau masyarakat pedesaan dan pedalaman di Indonesia. kemudian beliau bertemu dengan beberapa rekan dari Persekutuan Alumni Bogor (PAK) Bogor.  Sejak itu ada persepsid an beban yang sama di dalam menolong hamba-hamba Tuhan di pedesaan dan pedalaman, sehingga beban itu dilontarkan pada pengurus Komisi Misi GKIm Ka Im Tong (Bandung), yang saat itu ditanggapi oleh Bapak Peter Hidayat beserta rekan-rekan pengurus lainnya.Mulai Juni 2005, berdasarkan hasil keputusan rapat pengurus YMPD nama Sekolah Alkitab dan Pengembangan Pedesaan Indonesia diubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi Studi Alkitab untuk Pengembangan Pedesaan Indonesia (STT SAPPI).
Info lengkap, klik disini

14. STT HKBP
Aliran: Protestan (Lutheran)
Lokasi: Pematang Siantar, Sumatra Utara
STT-HKBP Pematangsiantar, berdiri pada tanggal 12 April 1978, sebagai lanjutan, atau yang memisahkan diri secara administratif dari Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen, berdasarkan Keputusan Synode Agung Istimewa HKBP tahun 1978.

15.  Fakultas Teologi Univ. Kristen Satya Wacana
Aliran: Protestan
Lokasi: Salatiga, Jawa Tengah
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) semula lahir dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia (PTPG-KI). Diresmikan pada tanggal 30 November 1956 dengan lima jurusan, yaitu Pendidikan, Sejarah, Bahasa Inggris, Hukum, dan Ekonomi. PTPG-KI Satya Wacana berubah menjadi FKIP-KI pada tanggal 17 Juli 1959. Kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 diresmikan menjadi Universitas Kristen Satya Wacana dengan kehadiran Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum yang kemudian diikuti dengan pembukaan beberapa Fakultas dan Program Studi baru.
Sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kini melewati usia emasnya, Satya Wacana yang berarti “Setia Kepada Firman Tuhan”, terus berkembang dan mendapat kepercayaan baik dari masyarakat maupun pemerintah.
Pada saat ini UKSW memiliki 56 Program Studi yang terdiri dari 4 Program Studi Diploma 3, 39 Program Studi Program Sarjana (S1), 10 Program Studi Program Magister (S2), dan 3 Program Studi Program Doktoral (S3).
Info lengkap, klik disini

16.  STT INTIM
Aliran: ---
Lokasi: Makasar, Sulawesi Selatan
Info lengkap, klik disini

17. Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon
Aliran: Protestan
Lokasi: Ambon
Asal mula berdirinya STAKPN Ambon diawali dengan adanya terobosan-terobosan baru dari para tokoh Kristen di Pemerintahan khususnya Ditjen Bimas Kristen terhadap kemungkinan yang selama 52 tahun Kemerdekaan Indonesia sangat tidak mungkin terwujud yaitu bagaimana Pemerintah secara arif dan bijaksana melayani dan mendukung secara adil semua organisasi keagamaan yang ada dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaannya. Salah satu terobosan itu adalah mendorong peningkatan status Akademi Pendidikan Guru Agama Kristen menjadi Sekolah Tinggi atau Institut Agama Kristen yang dikelola Pemerintah. Selain secara imania diyakini adanya penyertaan Tuhan, namun dengan semangat tinggi refarmasi maka usulan tersebut diterima Pemerintah yaitu mengintegrasikan Akademi Pendidikan Guru Agama Kristen Protestan Negeri menjadi Sekolah Tinggi Agama Kriten Protestan negeri dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Habibie Nomor 19 Tahun 1999, yang ditanda tangani pada tanggal 13 Maret 1999 atau tidak cukup satu tahun reformasi bergulir. Dengan KEPPRES 19 tahun 1999,ini, maka Menteri Agama menerapkan untuk pada tahap awal meningkatkan AKGAKPN Ambon dan Tarutung menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Prostestan negri masing-masing dengan KMA 85 tahun 1999, Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja STAKPN Tarutung., dan KMA 86 tahun 1999, tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja STAKPN Ambon. Sumber Daya untuk kebutuhan tenaga Pengajar saja Kepala Kanwil Dep Agama Provinsi Maluku terpaksa merekomendasikan para pegawai untuk dimutasikan dari Kanwil dan Kandepang Kota Ambon sebaagai Pegawai Administrasi dan Tenaga Pengajar pada APGAKPN  Ambon. Dengan demikian realitas bahwa belum tersedianya tenaga Dosen pada APGAKPN Ambon, sekaligus untuk memenuhi persyaratan formal Lembaga Pendidikan Tinggi termasuk STAKPN yang sementara digodok untuk diperjuangkan oleh para pemimpin Kristen yang dipelopori oleh jajaran Ditjen Bimas Kristen Protestan. APGAKPN Ambon tempo itu dipimpin oleh Drs. Listen Sirait selaku Direktur, dan R. Souhaly SH, Selaku Kepala Urusan Tata Usaha. Hanya dua jabatan ini yang terisi secara resmi, sementara jabatan lain semisal wakil direktur hanya ditentukan pelaksanaan tugas. 
Info lengkap, klik disini

18. STT ABDI SABDA
Aliran: ---
Lokasi: Medan, Sumatera Utara
Didorong oleh panggilan untuk memberitakan Injil Kristus dan kebutuhanakan tenaga pelayan, Gereja Gereformeerd Indonesia mengajak gereja-gereja di Sumatera Utara untuk menyelenggarakan sekolah formal untuk mendidik calon-calon Guru Injil dan Guru Agama Kristen, baik untuk bekerja di gereja maupun di sekolah-sekolah.
Ajakan Gereja Gereformeerd Indonesia (kemudian GKI- SUMUT) untuk maksud di atas disambut baik oleh beberapa gereja di Sumatera Utara antara lain GBKP, GKPS, dan BNKP. Keempat gereja tersebut sepakat untuk mendirikan Yayasan Pendidikan Petugas Gereja dengan tujuan untuk menyelenggarakan sekolah untuk mendidik petugas dan calon petugas gereja. Pada hari Jumat, 16 Agustus 1967 dilakukanlah penandatanganan akta pendirian Yayasan Abdi Sabda di depan notaris.

Seiring dengan perkembangan zaman, sekolah ini ditingkatkan menjadi Institut Theologia Abdi Sabda (ITAS) pada tahun 1983. Bukan hanya nama sekolah ini yang mengalami perubahan dan sekolah Guru Injil menjadi ITAS, pendukung sekolah ini juga bertambah yaitu HKI dan GKPA. Kedua gereja ini bergabung sejak tahun 1987. Pada tahun 1996 Institut Theologia Abdi Sabda Medan berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Theologia (STT) Abdi Sabda Medan.

Juga pada tahun 2006 Yayasan Abdi Sabda menerima Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) menjadi anggota pendukung. Dengan demikian bertambahlah gereja pendiri dan pendukung dan enam gereja menjadi tujuh gereja yaitu: GBKP, GKPS, GKI SUMUT, BNKP, HKI, GKPA, dan GKPI.
 
Info lengkap, klik disini

19. SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA ( STT) BERITA HIDUP
Aliran: Injili
Lokasi: Surakarta, Jawa Tengah

Sekolah Tinggi Theologia (STT- Berita Hidup ) diselenggarakan oleh Yayasan Berita Hidup bekerjasama dengan Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI). GKAI didirikan pada tahun 1974 dan telah hadir di 23 propinsi di Indonesia. Alumni STT Berita Hidup menjadi perintis untuk GKAI.

Alamat: Jl. Solo-Kalioso, KM. 7 Surakarta, Telp./Fax (0271) 853244; PO BOX 247, SOLO; Email; sttb@indosat.net.id; marpasaribu@yahoo.com ; www. Sttberitahidup.ac.id
Program Studi:
1. Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (PAK)
2. Program Sarjana Teologi kependetaan (Teologi)
3. Program Magister Teologi program studi Kepemimpinan Kristen (KK)
4. Program Magister Pendidikan Agama Kristen (PAK)
5. Program studi S3 Doktoral

Info Tambahan dari M. Iksantoro (Puket 3 Bidang Kemahasiswaan STT Berita Hidup)
STT Berita Hidup didirikan oleh Yayasan Berita Hidup, yang bekerjasama dengan Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI). Pada Tahun 1974, Berita Hidup membuka pendidikan teologi di Jakarta dengan nama Institut Alkitab Jakarta (INALTA). Tahun 1978, INALTA membuka cabang di Surakarta, membuka kursus di Lawang (Jatim) dan Banyuwangi. Tahun 1979 kursus di Lawang menjadi Sekolah Alkitab tetapi tempatnya pindah di Tuban, Jatim. Demikian pula kursus Alkitab Banyuwangi menjadi Sekolah Alkitab Banyuwangi. 

Pada Tahun 1982, INALTA Jakarta untuk pertama kalinya membuka program S1. Untuk mengembangkan pelayanan yang lebih luas, tahun 1988, kantor Berita Hidup di Jakarta pindah ke Surakarta - Jawa Tengah, tepatnya di daerah Selorejo, Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar (perbatasan kota Solo). Tahun 1989, INALTA Jakarta dilepaskan dari naungan Berita Hidup, Sekolah Alkitab di daerah-daerah dihapuskan dan INALTA cabang Surakarta berganti nama menjadi STT Berita Hidup Surakarta, dengan program Ijasah Theologia (non-gelar).


Pada Tahun 1991 STT Berita Hidup membuka program S1 dan mendapat pengakuan dari pemerintah dengan dikeluarkannya ijin dari Ditjen Bimas Kristen Departemen Agama Republik Indonesia. Dan sejak Tahun 2013, baik Prodi Teologi maupun Pendidikan Agama Kristen (PAK) telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


Tahun 2001, STT Berita Hidup membuka program S2 dengan dua jurusan, yaitu Filsafat Agama dan Manajemen Gereja. Tahun 2005, Program S2 ini telah memiliki Program Studi baru yaitu Kepemimpinan Kristen dan Pendidikan Agama Kristen, dan keduanya telah terakreditasi BANPT sejak Tahun 2014.

Tahun 2011, STT Berita Hidup juga telah membuka Program S3 dan masih menunggu visitasi dari BANPT Tahun 2016 ini. 

STT Berita Hidup menerima mahasiswa dari interdenominasi gereja. Tersedia beasiswa untuk program S1 dan S2, dengan kriteria dan persyaratan-persyaratan tertentu. Kami juga menyediakan asrama untuk program S1 dengan kapasitas maksimal 150 orang.

Sistem perkuliahan S2 dan S3 adalah block teaching (Senin-Jumat, pkl 15.00-21.00). Bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota, kami juga menyediakan penginapan (asrama) selama kuliah berlangsung.


Alumni STT Berita Hidup telah banyak yang menjadi Perintis Jemaat GKAI (bagi S1 yg mendapat beasiswa); Gembala Jemaat; Guru-guru PAK; Pemimpin-pemimpin Lembaga Kristen dan Pemerintah, seperti Pembimas Kristen, Gara Bimas Kristen, dll.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di:
www.sttberitahidup.ac.id; Emal : sttberitahidup@gmail.com
Phone : 0271-853244
Alamat : Jl. Solo – Kalioso KM 7 Surakarta; PO. BOX 247 Solo 57102
info lengkap klik disini


20. SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA ( STT) JAFFRAY
Aliran: Injili
Lokasi: Makassar, Sulawesi Selatan
Lulusan: Paulus Daun
Sekolah Tinggi Theologia Jaffray pada mulanya bernama Sekolah Alkitab Makassar yang didirikan oleh Dr. Robert Alexander Jaffray (seorang Kanada) pada tahun 1932. Beliau adalah seorang misi The Christian and Missionary Alliance (C&MA)  yang didirikan oleh Dr. A. B. Simpson seorang pendeta Presbiterian yang kemudian mengadopsi semangat evangelikalisme dan pietisme.
     Dr. Jaffray pada mulanya mengabdikan dirinya selama 32 tahun di China bagian Selatan yaitu Provinsi Guang Xi.  Pelayanan dari China pun meluas sampai ke Indo China (Vietnam). Kemudian hatinya terbeban akan pelayanan di Asia Tenggara setelah mendapat satu visi tentang perlunya dia datang ke daerah jajahan Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Dia mendaratkan kakinya pertama bulan Februari tahun 1928 di Samarinda Kalimantan Timur dan sejak itu dia mulai merencanakan untuk membuka pelayanan di Indonesia.
    Pada tahun 1932 dengan dibantu oleh mantan siswanya dari Tiongkok membentuk badan misi bernama Chinese Foreign Mission Union (CFMU) yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Leland Wang membuka Sekolah Alkitab Makassar. Tujuannya adalah untuk membantu mempersiapkan pengerja-pengerja nasional untuk  pengembangan pelayanan di Indonesia, terutama di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali dan Nusa Tenggara. Dia juga mendirikan penerbit Kalam Hidup di Makassar yang bergerak di bidang penerbitan, majalah dan radio (saat ini Kalam Hidup berpusat di Bandung).
     Tahun 1959, Sekolah Alkitab Makassar berubah nama menjadi Jaffray Bible College untuk mengenang sang pendiri. Level penerimaan siswa pun berubah menjadi level SMA atau STA dari yang sebelumnya siswa setingkat SMP pun diterima. Dan pada tahun 1975, STTJ terdaftar di Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan hanya menerima tamatan SMA sederajat.
     Saat ini STT Jaffray yang berada di jantung kota Makassar di atas tanah seluas 10.141 m2, memiliki 460 mahasiswa (S1 dan S2) dari berbagai denominasi gereja yang ada di Indonesia, khususnya Indonesia Timur.  Sekolah ini ada dibawah naungan Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) yang adalah anggota PGI dan PGLII, namun sekolah ini bersifat interdenominasi. Saat ini ada lebih kurang 40 denominasi gereja mahasiswa yang terwakili.
      Di samping GKII, STT Jaffray juga didukung secara lembaga maupun dana oleh gereja-gereja di bawah naungan eks-CFMU secara khusus Gereja Kebangunan Kalam Allah, GPMII, Sinode Gereja Kristus Yesus (GKY), Gereja Hok Im Tong Bandung, dan lembaga-lembaga lainnya.
     STT Jaffray telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Depdiknas RI dan berada di bawah naungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan juga berada di bawah naungan Kementrian Agama RI.  Untuk program pascasarjana (S2 dan S3), STT Jaffray mendapat izin penyelenggaraan dan akreditasi dari Kemenag RI.
Info lengkap klik disini


21. HARVEST INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY
Aliran: Kharismatik
Lokasi: Karawaci, Banten 
Lulusan: Ivan Tanudjaja, Aristo Purboadji
HITS merupakan sekolah tinggi teologi yang berada dalam pembinaan dan pengelolaan Yayasan Tuaian Dunia serta secara akademis oleh Dirjen Bimas (Kristen) Protestan, Departemen Agama Republik Indonesia, selain diasuh oleh Gereja Injili Seutuh Indonesia (GISI). Sejak Berdiri hingga saat ini, pendiri dan ketua dari HITS adalah DR. Jimmy B. Oentoro

HITS didirikan pada tanggal 10 Mei 1993 dan dalam kedudukannya sebagai sekolah tinggi yang mandiri, HITS merupakan bagian dari system pendidikan nasional, yang berasaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam bermasyarakat dan bernegara, yang bertujuan meyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan, dan ketrampilan dalam pengembangan/penyebaran ilmu teologia serta mengupayakan penggunaannya bagi gereja, masyarakat bangsa dan Negara

HITS menawarkan program pendidikan Sarjana untuk bidang studi Teologia, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gerejawi, dan program pendidikan Pasca Sarjana dan Doctoral dibidang Kepemimpinan dan Transformasi, serta program Harvest International Curriculum (HIC) merupakan suatu program kerjasama dengan gereja-gereja dan lembaga gerejawi dalam membina & memperlengkapi kaum awam untuk pelayanan gereja. 
Info lengkap klik disini


22. STT Tiranus
Aliran: --
Lokasi: Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Lulusan: Karel Sosipater
Saya tidak menemukan informasi lebih dalam mengenai STT ini, namun saya pernah melihat STT ini ketika saya berkunjung ke Bandung, seingat saya kampusnya berada di daerah Cimahi. 
Untuk rekan-rekan yang bisa menambahkan info, silahkan ditambahkan.

Info lengkap klik disini






23. Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) Malang
Aliran: --
Lokasi: Malang, Jawa Timur
Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) berdiri atas dukungan Yayasan Pekabaran Injil Nusantara (PINTA), yang bekerja sama dengan OMS Internasional bertempat di Malang, Jawa Timur. STAN berdiri pada bulan Maret 1975, bertempat di Jln. Retawu no. 4 Malang dengan nama PUSAT LATIHAN THEOLOGIA NUSANTARA (PLTN) yang memiliki program kuliah 3 tahun. Kemudian program kuliah ini ditambah 1 tahun untuk tugas praktek.
Pada tahun 1977 kampus STAN pindah ke Jln. Guntur no. 27 Malang dan nama sekolah diubah menjadi Seminari Alkitab Nusantara (SAN) dengan program pendidikan 5 tahun, yaitu 4 tahun kuliah akademis, dan 1 tahun tugas praktek. Pada tahun 1980, kampus SAN pindah ke Jln. Bengawan Solo no. 20 Malang, sampai awal tahun 1984. Sejak tanggal 25 Pebruari 1984, SAN telah menempati kampus permanen yang berlokasi di Jln. Bandulan Barat 332, Kec. Sukun, Malang, yang diresmikan oleh Bapak Bupati Kepala Daerah Tingkat II Malang.
Pada tahun 1985 program pendidikan di SAN ditingkatkan ke program gelar Sarjana Muda Theologia (Sm. Th.) dan pada tahun 1986 SAN mendapat pengakuan dari Asia Theological Association (ATA) untuk program Bachelor of Theology (BTh.). Dan tahun 1991 program pendidikan ditingkatkan ke program Sarjana Theologia (S.Th.) dan melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen Protestan Departemen Agama Republik Indonesia no. 14 tahun 1991, SAN telah diakreditasi sebagai Sekolah Tinggi Theologia yang menyelenggarakan program Sarjana Theologia Strata 1 (S-1), dengan status Terdaftar.
Info lengkap klik disini


23. Sekolah Tinggi Teologia (STT) Cipanas
Aliran: Protestan
Lokasi: Puncak, Jawa Barat
STT Cipanas didirikan pada tanggal 20 Februari 1967 atas prakarsa Pdt. Paulus Kurniawan dari Gereja KristusKetapang yang dipercayakan untuk mengemban visi pembangunan STT Cipanas oleh Tuhan. Saat ini STT Cipanas yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Teologi Gereja Kristus Ketapang adalah suatu lembaga pendidikan teologi yang didirikan untuk membina, mengajar, melatih dan melengkapi orang-orang yang telah mengalami pembaruan hidup oleh Injil Yesus Kristus serta memiliki kesadaran panggilan untuk melayani Tuhan dengan jelas, agar menjadi pelayan-pelayan Gereja dan Kerajaan Allah yang setia kepada kebenaran Firman Tuhan, menjalani kehidupan Kristen sebagai teladan bagi warga Gereja maupun masyarakat luas dan mampu melaksanakan berbagai bidang kerohanian dalam bidang-bidang spesialis, pemikir Kristen, pendidik Kristen, tanpa memandang usia, suku, jenis kelamin atau keterbatasan jasmani.
Untuk Info Lengkap silahkan Klik disini.

Berikut ini, saya juga mencantumkan daftar nomor telpon STT yang ada di Jakarta dan sekitarnya
DAFTAR NOMOR TELPON SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DI JAKARTA
STII --Jogja di Jakarta-- 532.7651***
STT Amanat Agung -- 5835.7684-88****
STT Apollos -- 829.4977**
STT Apostolos -- 5870839**
STT Arastamar -- 800.5280***
Asia Institute Theologi -- 385.3372/380.5181/82**
STT Baptis -- 563.0362**
STT Cibinong -- 899.32162
STT TIberias jur.Kepemimpinan -- 6386.4588***
STT Ekklesia -- 350.4957**
STT Graphe -- 651.8586/6471.4156**
STT Gratia -- 84990042*
STT GRII -- 7943715 ***
STT Harvest -- 546.1091***
STT Iman -- 725.3446*
STT Jaffray -- 857.0985***
STT Jakarta -- 390.4237 ****
STT Ketapang -->Cianjur -- 633.1867**
STT Lets -- 567.9384*
STT Lintas Budaya -- 45845975/78***
STT Siloam -- 8515771/8096194 (not recomended)
STT Sunsugos -- 43932772*
STT Tiberias jur. Misi -- 63858505**
STT Bethel The Way -- 56957831**
Institut Pelita Bangsa --3855218*
Institut Theologi Rempoa -749.5754 (not recomended)
ITKI -- 5344979/53679464***

155 komentar:

Jan S. Aritonang mengatakan...

Sorry, saya harus ralat komentar sebelumnya: Karel Sosipater ternyata tulus MTh PAK dari STT Jakarta tahun 2000.

Blogger mengatakan...

Wow, ternyata yang Comment adalah Pak Jan S. Aritonang, sang penulis Buku... Salah satu buku favorit saya yang merupakan karangan beliau adalah "Berbagai aliran di dalam gereja dan di sekitar gereja"...

STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII) mengatakan...

Syalom, terima kasih krn sdh memasukkan kami ke dalam daftar Anda. Btw, informasi ttg STTRII perlu sedikit diklarifikasi. STTRII yg didirikan pd th 1991 ini didirikan oleh 3 orang hamba Tuhan: Pdt. Stephen Tong, Pdt. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub Susabda. Sejak th. 2008, Pdt. Yakub Susabda-lah yg menjabat sbg rektor STTRII. Sayang sekali kami dikenal sbg "pembenci Kharismatik," tentu ini stereotip yg tdk menyenangkan bukan hanya bagi saudara2 kharismatik, tapi juga bagi kami segenap civitas akademika STTRII. Ada bbrp hamba Tuhan Kharismatik saat ini sdg melanjutkan studi di tempat kami, tnp meninggalkan pelayanan mrk di grj mereka. Bbrp alumni kami bahkan melayani di gereja kharismatik. Utk lbh jelasnya ttg STTRII dan spirit pelayanan kami, lihat informasi yg bisa diakses di sttrii.blogspot.com. Terima kasih! Tuhan memberkati!

Blogger mengatakan...

Waduh, terima kasih sekali konfirmasi dari STTRII.
Mungkin stereotip ini terjadi akibat pemahaman orang terhadap tulisan dan doktrin Pak Tong yang seringkali menyerang doktrin karismatik. Sebenarnya stereotip ini muncul di kalangan orang2 Kharismatik.

Tapi, saya mengucapkan terima kasih atas masukkannya. Saya sendiri adalah seorang Calvinis, tapi saya seorang Kharismatik.

---Komentar dari STTRII adalah sebagai tambahan, konfirmasi dan editan dari tulisan saya diatas---

Anonim mengatakan...

Ulasan yg sangat menarik. Dari daftar STT terbaik, tidak ada yg dari Sumatera ya?

Blogger mengatakan...

@Anonim: Kalau ada informasi mengenai STT di Sumatera silahkan di post karena saya agak kesulitan mencari informasinya.

@Dora Assa: Setuju sekali, hanya saja saya hanya menggambarkan kondisi yang ada sekarang. Kondisi yang ada sekarang sama sekali berbeda dengan kondisi yang kita harapkan. Itu sebabnya, mari kita bangun Kristen Indonesia yang tidak terlalu berfokus pada perbedaan dan perdebatan sia-sia.

Anonim mengatakan...

Pak tolong juga masukkan STT Amanat Agung Jakarta dari Sinode Gereja Kristus Yesus dan STT Bandung dari Gereja Kristus Tuhan STT ini doktrin Teologinya juga berhaluan Reformed

Blogger mengatakan...

@Anonim: Terima kasih pak Anonim.. saya juga mengagumi STT Amanat Agung. Hanya saja informasi yang saya dapatkan masih minim. Dan saya juga dulu sempat ingin kuliah disana untuk S2.
Kalau boleh, Anda kirim saya email untuk info lebih detail agar saya bisa masukkan itu ke blog ini.
Kl STT Bandung saya belum pernah dengar.

Unknown mengatakan...

Bagaimana dengan STT GMI yang ada di Bandar Baru Sumatera Utara Pak?

Blogger mengatakan...

Bapak Bagus Ade,
Saya sangat mengucapkan terima kasih atas masukkannya. Tapi saya belum memiliki datanya. Saya juga sudah cari di internet mengenai infonya tapi tidak saya dapatkan. Jika berkenan, boleh Bapak menyertakan tulisan bapak biar saya bisa masukkan di blog saya.
Terima kasih Pak Bagus Ade.

Anonim mengatakan...

STT terbaik itu STT yang diberkati Tuhan Yesus, mau dimanapun dimanapun kalo Tuhan hadir ditengah- tengah kita akan terbukti kuasaNya dan mujizatNya nyata dan hidup amin.

>_<

Unknown mengatakan...

kalo STT SAPPI yang beralamat di Kampung Palalangon Kec. Ciranjang. Kabupaten Cianjur JABAR.......gak dimasukin???makasih

Unknown mengatakan...

Shalom.....bisa gak STT SAPPI dicantumkan..STT SAPPI Makasih Tuhan Yesus berkati

Blogger mengatakan...

Mas abraham, saya pernah kok berkunjung kesana.
Tp saya ga punya info detail mengenai STT itu ataupun para lulusannya yg dikenal luas oleh para teolog.
Kl ada referensi, silahkan kirim yah, maka dengan senang hati saya akan masukkan dalam daftar ini.

Anonim mengatakan...

Pak untuk STTRII kok blognya gak bisa dibuka yah? Apakah mereka sudah punya website yg official? Thanks

Blogger mengatakan...

http://www.reformedindonesia.ac.id/

Anonim mengatakan...

Herlianto itu juga pernah kuliah di Institut Injil Indonesia(I-3)pak, pak Setiawan Sutedjo yg Ketua Umum Sinode Gereja Kristus kalau tidak salah lulusan I-3 juga pak.

aryadwipajourney mengatakan...

Pak mohon informasi untuk sekolah alkitab utk misi penginjilan karismatik di daerah bogor.Thanks

aryadwipajourney mengatakan...

Pak mohon informasi sekolah alkitab misi penginjilan karismatik di daerah bogor dan sekitarnya. Thanks

Unknown mengatakan...

bagaimana kalo STT - GKLI ,d/a kabupaten Humbang hasundutan.di sumatera utara pak..@
apa masuk hitungan di kancah kekristenan,atau ketika mereka yang lulus dari STT tersebut,tidak boleh atau tidak di terima menjadi pelayan di gereja -gereja lain selain di GKLI-GEREJA KRISTEN LUTHER INDONESIA.( kadang nasib gereja kecil hampir sama dengan rakyat kecil.hanya di pandang sebelah mata...tolong pak di luruskan misi kekristenan untuk penginjilan.bukan untuk pengakuan publik semata.karena saya melihat pergolakan perbedaan dari kekristenan ini sekarang sudah sangat mengkwatirkan.

Unknown mengatakan...

Klo STT - GKLI d/a Humbang hasundutan.sumatera utara.masuk hitungan gak pak..!!
saya pernah dengar hanya lulusan dari STT ternama saja yang di terima melayani di gereja di Luar GKLI.dan itu memang terbukti.
gereja kecil yang dengan semangat penginjilannya melayani Tuhan, tapi hampir sama dengan rakyat kecil di negeri ini.hanya di pandang sebelah mata oleh yang katanya hebat dan peringkat number one.
STT GKLI - GEREJA KRISTEN LUTHER INDONESIA.

Unknown mengatakan...

Jesus

Anonim mengatakan...

wow mnganggap gereja kharismatik sbgai musuh,,brrti itu skplah ap..klu gtu itu nmnya sekolah theologia hncur,,,yesus tdk prrnh mngjrkn brmusuhan..

Hertanto Liu mengatakan...

Terima kasih untuk pak Garry atas kesediaannya memuat informasi yang diberikan dengan menggunakan metode kualitatif subyektif. Bagi para rekan-rekan hamba Tuhan, marilah dengan hati dan pikiran terbuka kita cukup membaca saja, dan hitung-hitung menambah wawasan tentang STT yang mungkin sudah kita kenal, karena untuk apa diperdebatkan, toh ini persepsi pribadi dari pak Garry sendiri.

Maju terus dan tetap berkarya bagi kemuliaan-Nya dengan menghargai persepsi orang lain.

Unknown mengatakan...

Terimaksih banyak dan Tuhan berkati untuk infonya.
saya harap bapa bisa juga memasuka nama-nama dan Alamat STT yang ada di seluruh pulau jawa ataupun se indonesia..

Blogger mengatakan...

Sebenarnya ada di blog saya, silahkan klik di
http://pastorgarrytengker.blogspot.com/p/link.html

tapi hanya nomor telpon
DAFTAR NOMOR TELPON SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DI JAKARTA
STII --> Jogja -- 532.7651***
STT Amanat Agung -- 5835.7684-88****
STT Apollos -- 829.4977**
STT Apostolos -- 5870839**
STT Arastamar -- 800.5280***
Asia Institute Theologi -- 385.3372/380.5181/82**
STT Baptis -- 563.0362**
STT Cibinong -- 899.32162
STT TIberias jur.Kepemimpinan -- 6386.4588***
STT Ekklesia -- 350.4957**
STT Graphe -- 651.8586/6471.4156**
STT Gratia -- 84990042*
STT GRII -- 7943715 ***
STT Harvest -- 546.1091***
STT Iman -- 725.3446*
STT Jaffray -- 857.0985***
STT Jakarta -- 390.4237 ****
STT Ketapang -->Cianjur -- 633.1867**
STT Lets -- 567.9384*
STT Lintas Budaya -- 45845975/78***
STT Siloam -- 8515771/8096194 (not recomended)
STT Sunsugos -- 43932772*
STT Tiberias jur. Misi -- 63858505**
STT Bethel The Way -- 56957831**
Institut Pelita Bangsa --3855218*
Institut Theologi Rempoa -749.5754 (not recomended)
ITKI -- 5344979/53679464****

Anonim mengatakan...

Syalom? Masih ada banyak sepertinya pak stt stt di jakarta yang belu masuk, jangan tangung2 pak, cari data aja semua dan ksih info yang baik, biar berguna juga bagi orang2 yang cari stt. Terimasih GBU

yudiwong mengatakan...

Kalau mau ambil prof. Dimana ya ...

yudiwong mengatakan...

Kalau mau ambil prof. Dimana ya ...

yudiwong mengatakan...

Kalau mau ambil prof. Dimana ya ...

Blogger mengatakan...

Tambahkan donk masukkannya

Blogger mengatakan...

Setau saya untuk ambil profesor hrs menjadi guru besar. Krn profesor bukanlah gelar yg diambil dr jalur pendidikan.
Anda hanya bisa menjadi guru besar jika sekolah teologinya berstatus universitas.
Untuk menjadi universitas maka pendidikan tinggi minimal hrs punya 4 fakultas.

Para pembaca lainnya mungkin punya info dan jawabannya, ayo tolong dibantu jawabannya

Unknown mengatakan...

saya tamat dari sma mw ambil sekolah theologia...
saya di sumut..
syarat fan ketentuan apa ya???

Anonim mengatakan...

pak coba dimasukkan juga sekolah tinggi agama kristen protestan negeri Ambon

Blogger mengatakan...

Kalau saya punya datanya dan para alumnus yang memang sudah berkarya di teologia, saya pasti masukkan.
Kalau bapak punya datanya, silakan kirim saya ke email garrytengker@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Semua STT Yg Bp Masukan Di Blog Bp,Pnya Syarat Terntentu Untuk Masuk Ke Sekolah Tersebut ?
Kalaupun Punya Apakah Bp Bs Memberitahukan Sedikit datanya Kpd Saya ?
Terima Kasih

Blogger mengatakan...

Biasanya untuk S1:
- Akte Baptis,
- Ijazah SMU
- Kalau sekolah aliran karismatik dan pentakosta biasanya ditambahkan syarat (Lahir Baru), tapi saya kurang tau apa indikatornya.

Kalau kuliah S2, khusus untuk aliran Protestan dan Reformed, biasanya harus lulus S1 dan kemudian melayani selama 2 tahun (tidak boleh dari S1 langsung ke S2, tapi harus tunggu 2 tahun dulu).

Anonim mengatakan...

terimakasih bro artikel bermanfaat
tapi aku nambah 1 saran lagi klo data nya ditambhkan web dri sekolah tsb
agar lebih mudah mencari informasi
terimakasih JBU

Robby Setiawan mengatakan...

Daftar STT Se-indonesia yang sudah Memakai Program Perpustakaan yang saya bikin :

atau bisa melihat situs Kami di http://www.indonesiantheologicallibrary.com/

1. STAKN TARUTUNG (kampus negri)
2. STT BAPTIS MEDAN
3. STT SUMATERA UTARA
4. STT SUMATERA
5. STT PAULUS
6. STT SILOAM
7. STT WILLIAM CAREY
8. STT SOLA GRATIA
9. STT GLOBAL MISSI
10. STT IMMANUEL EL-SHADAY
11. STT INJIL ANUGERAH ALLAH
12. STT RENATUS
13. STT MARTURIA TANJUNG BALAI
14. STT CALVARY BATAM
15. STT IBNU SINA BATAM (SEKOLAH TINGGI TEKNIK)
16. STT AGAPES JAKARTA
17. STT CIANJUR
18. STT INTI BANDUNG
19. STT BAPTIS BANDUNG
20. STT II SURABAYA
21. STT HAPPY FAMILY
22. STT TEBERNAKEL INJIL ALLAH
23. STT HAPPY FAMILY
24. STT ANGUGERAH SURABAYA
25. STT TEBERNAKEL LAWANG
26. STTII SAMARINDA
27. STT PETRA SAMARINDA
28. STT TENGGARONG
29. STT BETHANY BALIKPAPAN
30. STAK SAMARINDA
31. STT EKKLESIA PONTIANAK
32. STT JEFFREY MAKASAR
33. STT MARTURIA PALU
34. STTII PALU
35. STT BALA KESELAMATAN
36. STT SOLAFIDE
37. STT INJIL KEJURUAN KUPANG
38. STT KINGDOM BALI
39. STII BALI
40. AKINDO JOGJAKARTA
41. STIKES ELISHABETH
42. UNIVERISTAS METHODIS
43. STT NAZARENE JOGJAKARTA

Silahkan Jika Ada STT yang PERPUSTAKAANNYA belum menggunakan Komputerisasi,
Silahkan Hubungi saya
081392099973
081903746766
PIN BB : 20ED0441
it_robbysetiawan@yahoo.com

saya juga MEnirima jasa Pembuatan WEBSITE KAMPUS dengan Harga yang Murah...

Terima kasih Tuhan Yesus Memberkati...

Thresia mengatakan...

Mau nanya dong, sekolah theologi yang ada asrama nya yang mana?

Blogger mengatakan...

Dear Thresia,

Saya sudah balas via email jawabannya yah!

TPTP mengatakan...

Ke STT Lintas Budaya, Kelapa Gading Jakarta Utara saja

Unknown mengatakan...

mahasiswa yang ingin transfer bgmn ?
apa lebih baik mengulang dari awal ataukah bertekat untuk transferr..

Unknown mengatakan...

Koq banyak banget STT di Jakarta (P. Jawa)....mungkin pemerintah q/c Kemenag RI terlalu mudah memberi izin pendirian STT...Klo versiku, STT yang terbaik ialah: STT Jakarta, Fak. teologi Dutawacana, Fak. teologi Sataya Wacana, STT INTIM, STT HKBP, dan STT Abdi Sabda...yang lain lewat...

Anonim mengatakan...

Seingat saya STT Bandung itu dibawah naungan Sinode Gereja Injili Indonesia ( Hok Im Tong ) terima kasih

HasibuanNelson mengatakan...

Shalom....semuanya....seru bangat info-info di atas....satu hal yang harus kita ingat bahwa kita (orang percaya Yesus) adalah satu tubuh......Alkitab jelas mengatakannya...STT manapun memiliki kekurangan dan kelebihan...tapi harus ingat Yesuslah yang menjadi sentralnya bukan manusia, Alkitablah yang menjadi fondasinya....Sola Gratia...

Anonim mengatakan...

harusnya pak Garry cari info tentang STT SAPPI, STT SAPPI akan jadi model untuk pelayanan di Indonesia, yang tidak hanya berbicara masalah sorga, tetapi realita dunia yang kita hadapai sekarang ini. Indonesia butuh STT semacam ini, pelayanan HOLISTIK

Blogger mengatakan...

Setuju...

Unknown mengatakan...

bisa juga ke STT SAPPI Cianjur-Jawa Barat

Unknown mengatakan...

ke STT SAPPI, Cianjur-Jawa Barat

Unknown mengatakan...

Smuanya STT dmnpun tmpatnya prcya sj bhwa Tuhan merencanakan dan yg memangunnya toh itu mngajarkan tntng Kristus dan biarlah mlalui STT lbh bnyak mnjdi berkat khusus dlm plyanan.

Anonim mengatakan...

Pak, jangan lupa memasukkan STT- Aletheia di Lawang dong Pak, tolong pak

GURU BERBAGI mengatakan...

STII Jogjakarta dan UKRIM Jogjakarta (FAK) ok Pak...sdh meretaskan para pelayan2 di seantero negeri...

Blogger mengatakan...

Kalau STII saya pernah dengar nama Chris Marantika. Pertanyaan saya adalah, apakah STII dan UKRIM adalah kampus yang sama? Karena begitu saya cari di google "STII Jogjakarta", maka yang keluar adalah UKRIM Jogja. Mohon infonya, biar bisa saya masukkan

Anonim mengatakan...

Dan mohon diralat STT SAPPI itu terletak di Desa Palalangon - Kecamatan Ciranjang bukan di Cipanas seperti yang ditulis Bapak di atas.

Terima Kasih ^_^

Blogger mengatakan...

Trima kasih

Anonim mengatakan...

Pak Garry di postingan Bapak ada beberapa STT yang diberikan tanda *not recommended , alasan objektif tidak direkomendasikan karena apa ya Pak?

Terima Kasih

Blogger mengatakan...

Alasannya adalah kedua tempat yang saya tidak rekomendasikan karena tempat dan fasilitas belajarnya MENURUT saya dibawah standar. Hal ini termasuk kondisi ruangan belajar, suasana, dan kelengkapan lainnya seperti perpustakaan. Jadi bukan berdasarkan kualitas pengajarnya. Artinya sangat mungkin bahwa pengajarnya berkualitas, tapi yang saya nilai hanyalah FASILITAS.

Anonim mengatakan...

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI ALETHEIA DI LAWANG- JAWA TIMUR
ALIRAN: REFORMED
DIDIRIKAN OLEH SINODE GEREJA KRISTUS TUHAN TAHUN 1969
TELP: 0341 426617

Evelyn mengatakan...

Shalom aleiheim...
Saya mau menanyakan info tentang Sekolah Tinggi Agama Kristen yang memiliki program 1 tahun untuk pelayanan anak usia dini di pulau Jawa. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Anonim mengatakan...

INSTITUT INJIL INDONESIA didirikan oleh Rev. German Edey dan Rev. Detmar Scheneumann asal badan misi WEC Jerman barat USA pada th 1957 di Batu Malang alumninya 87 prosen melayani di gereja Protestan dan Injili. 22 alumninya adalah ketua Sinode di gereja2 Protestan dan Injili anggota PGI maupun PGLI demikian sekilas info

Anonim mengatakan...

Sekolah Tinggi Teologia Reformed Injili Indonesia (STTRII)
Aliran: Reformed Lokasi: Kemang Utara, Jakarta Sekarang sudah berubah nama menjadi STTRI (sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia)... mohon info selalu di up date agar tetap aktual.. makasih JBU
INI WEBNYA: http://www.reformedindonesia.ac.id/

Anonim mengatakan...

SEKOLAH TINGGI THEOLODIA ( STT) BERITA HIDUP

Sekolah Tinggi Theologia (STT- Berita Hidup ) diselenggarakan oleh Yayasan Berita Hidup bekerjasama dengan Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI). GKAI didirikan pada tahun 1974 dan telah hadir di 23 propinsi di Indonesia. Alumni STT Berita Hidup menjadi perintis untuk GKAI.
Alamat: Jl. Solo-Kalioso, KM. 7 Surakarta, Telp./Fax (0271) 853244; PO BOX 247, SOLO; Email; sttb@indosat.net.id; marpasaribu@yahoo.com ; www. Sttberitahidup.ac.id
Program Studi:
1. Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (PAK); Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen dengan nomor DJ.III/Kep.HK.005/729/2011 tertanggal 31 Desember 2011;
Terakreditasi BAN PT Nomor: -106/SK/BAN-PT/AK-XV/S/IV/2013
2. Program Sarjana Teologi kependetaan (Teologi); Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen dengan nomor DJ.III/Kep.HK.005/730/2011 tertanggal 31 Desember 2011;
Terakreditasi BAN- PT Nomor: 091/SK/BAN-PT/AK-XV/S/II/2013
3. Program Magister Teologi program studi Kepemimpinan Kristen (KK) mendapatkan status Perpanjangan Ijin enyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen DJ.III/Kep.HK/005/284/2012 tertanggal 16 Mei 2012;
Terakreditasi BAN- PT, Nomor: 120/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2014
4. Program Magister Pendidikan Agama Kristen (PAK) mendapatkan status Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen DJ.III/Kep.HK/005/285/2012 tertanggal 16 Mei 2012;
Terakreditasi BAN- PT Nomor: 243/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013
5. Program studi S3 Doktoral berdasarkan SK ijin penyelenggaran dari Dirjen Bimas Kristen nomor DJ.III/Kep.HK/005/572/2011; dan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimas Kristen DJ.III/Kep.HK/005/286/2012. Telah mengajukan Borang-Borang permohonan Akreditasi ke BAN-PT pada tgl 12 Mei, 2012; dan telah menyelenggarakan Ujian Negara sebanyak dua kali.

Blogger mengatakan...

Saya sudah revisi. Terima kasih masukkannya.
Itu sebabnya saya butuh bantuan rekan-rekan pembaca agar infonya tetap up date.

Blogger mengatakan...

Saya sudah tambahkan dalam daftar

Anonim mengatakan...

di Malang ada Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) pak. infonya bisa dilihat di website : stanmalang.ac.id. ,, mungkin bisa dimasukan dalam daftar STT

bangJul mengatakan...

STT JAFFRAY : http://www.sttjaffray.ac.id/

bangJul mengatakan...

STT JAFFRAY: http://www.sttjaffray.ac.id/

Anonim mengatakan...

Kalau STA Tiranus masuk dimana itu. Salah satu lulusannya Prof. Sahettapy?

Anonim mengatakan...

tolong dong informasi stt lets

Anonim mengatakan...

Bagaimana dengan STT Internasional Harvest (HITS) hits.ac.id

Ada yg punya info memadai ttg STT tersebut?

Anonim mengatakan...

Kalau di manado, STT apa yang direkomendasikan?

Anonim mengatakan...

Masing-masing STT punya keunggulannya sendiri, apakah tenaga pendidik/kependidikan, fasilitas, kualitas lulusannya (akademik, karakter, keahlian), manajemen pragram, pelaksanaan pendidikan/latihan, dan sebagainya. Mungkin akan lebih objektif apabila STT yang dinilai "terbaik" bisa dijelaskan apa keunggulannya agar bisa memberi motivasi bagi STT yang lain dan membenahi diri.

Pdt. Yohanes Wardoyo M.Th. mengatakan...

Bagaimana Pak, ttg INALTA? Apa bapak kurang informasi ttg STT lain? Klau blum, lbih baik bpk cari infonya dulu supaya info bapak lengkap.

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas informasi mengenai daftar sebagaian STT yang ada di Indonesia. Yth seluruh responden, bila ada informasi yang kurang lengkap saya sarankan mohon dilengkapi sendiri atau ditambahkan supaya boleh menjadi bahan kepada yang lain justru kita jangan menyalahkan yang punya blog ini, mari kita kerjasama.

Untuk administrator dan seluruh pembaca blog ini, saya mau tanyakan bagaimana pendapat bapak ibu semua tentang STT Swasta yang tidak ada aktifitas perkuliahan serta tidak ada mahasiswa/i-nya dan mungkin sudah banyak merajalela diwilayah Jakarta dan sekitarnya, dan bahkan STT tersebut sudah mendapatkan ijin dari Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI.

Mohon saran dari Bapak Ibu dan saudara/i semua, ........ Balas.

Salam Hormat
dari Fernando

defly mengatakan...

Sekedar tambahan. "Prof" bukanlah gelar akademik tapi jabatan akademik, dulunya disebut jabatan fungsional. Cara mendapatkannya degan menjadi dosen pada salah satu perguruan tinggi yang terakreditasi dan mengikuti setiap tahap kepangkatan sampai memperoleh golongan IVd atau IVe (Guru Besar). Untuk mendapat geral Prof dimulai dari asisten ahli (IIIa, IIIb), lektor (IIIc, IIId) lektor kepala (IVa, IVb, IVc) guru besar (IVd, IVe), dan gelar prof diberikan pada akademisi yang sudah berstatus guru besar. Golongan akan naik dengan mengumpulkan angka kredit (kredit poin), kredit poin akan bertambah dengan melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat).
Poin yang terkumpul sekitar 850 - 1050 untuk mendapat gelar profesor.
Di negara lain memiliki peraturan sendiri untuk mendapat gelar profesor, bisa dengan mengahsilkan penemuan baru, seorang yang ahli dibidangnya, seorang yang melakukan penelitian dan berguna bagi orang lain dan sebagainya. Selain itu ada juga Prof (hc) yang merupakan gelar penghormatan karena prestasi pada bidang tertentu.
Setahu saya di Indonesia, Prof bukan merupakan predikat seumur hidup, tapi di beberapa negara bisa disandingkan dengan nama meski orang tersebut sudah meninggal.
Sekian informasinya, kalau ada yang salah silahkan diperbaiki

Anonim mengatakan...

STT Bethany / Institut Kristen Borneo Balikpapan dilengkapi dengan Sarana Asrama untuk mahasiswa Putri dan Putra

Anonim mengatakan...

Jika ingin melihat daftar STT atau STAK yang berkualitas (kualifikasi, kompetensi, administrasi) maka lihat daftar STT atau STAK yang telah terakreditasi di BAN-PT sebab inilah lembaga yang sah dan berkompeten untuk menilai sesuai dengan ketentuan yang ada. Jangan galau bro....lebih dari itu...pembuktian adalah seberapa besar dan luas lembaga STT atau STAK serta para alumninya berpartisipasi dan berkontribusi bagi bangsa, negara, masyarakat dan gereja bukan untuk kebanggaan diri atau lembaga akan tetapi bagi kemuliaan Tuhan. Ingat dab baca Lukas 17: 10 dan Mat. 24:21-23. Gbu.

Blogger mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Shalm.
saya lulusan S1 dari sumut. Dan saya punya kerinduan untuk melanjut S2 ke sekolah teologia.
Bisakah saya melanjut S2 ke sekolah teologia dari S1 non teologia?
Adakah sekolah teologia yang memberikan beasiswa kpd mahasiswa?
Terima kasih
GBUs

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

ITKI sudah berubah nama menjadi STT Bethel Indonesia, Jakarta.
informasi:: http://www.sttbi.ac.id/index.php

Harap dicermati bahwa ada beberapa STT yang memakai kata "Bethel," dan selain STT Bethel Indonesia, nama2 sekolah yang berikut BUKAN milik Sinode GBI, tetapi didirikan oleh perorangan atau gereja lokal, misalnya:

STT Bethel The Way; STT Bethel Samarinda; STT Bethel Bekasi; dan lain-lain.

Blogger mengatakan...

Terima kasih masukkan dan koreksinya Bpk. Junifrius Gultom. Beliau adalah Dosen dari STT Betel, dan sempat juga menjadi dosen di kampus saya di STT Tiberias.
Saya ucapkan terima kasih sekali lagi atas tanggapannya Pak.

Anonim mengatakan...

Komentar saya :
Saat ini ada kecenderungan beberapa pendeta berlomba mengejar gelar akademik seperti MTh dan Doktor. Padahal mungkin yang dibutuhkan sebahagian besar jemaat bukan gelar itu tetapi kualitas khotbahnya. Banyak pendeta yang hanya menyandang gelar STh tapi kwaltas khotbah mumpuni sebaliknya banyak pendeta yang menyandang gelar MTh bahkan Doktor malah kwalitas khotbahnya jauh dari harapan jemaat. Oleh karena itu bagi para pendeta yang sudah menyandang gelar MTh atau Doktor menurut pandangan saya sebagai pendeta suatu gereja ditengah-tengah jemaat tidak perlu harus mencantumkan deretan gelarnya, karena itu justru dapat merendahkannya di hadapan jemaat kalau pendeta tersebut berkebetulan dinilai kurang berkwalitas. Karena kwalitas seorang pendeta tentunya dinilai dari pelayaan Firmannya bukan dari deretan gelar yang disandangnya. Saya mengusulkan deretan gelar itu hanya digunakan bagi mereka yang berkecimpung di bidang pendidikan saja. Saya kawatir semakin banyak pendeta yang berlomba mengejar gelar maka mungkin semakin banyak pula STT yang cendrung belomba untuk menawarkan pendidikan yang menghasilkan gelar yang dikejar seperti MTh atau Doktor. Padahal beberapa STT mungkin belum memenuhi persyaratan untuk itu. Kalau tidak keliru salah satu persyaratan perguruan tinggi untuk membuka program S3 (Doktor) harus memiliki guru besar (profesor) tetap minimal 5 (lima) orang disamping persyaratan liannya. Karena para guru besar inilah yang membimbing (sebagai promotor) mahasiswanya pada acara perkuliahan terutama dalam penulisan disertasi/penelitian berkwalitas yang menurut yang saya tahu butuh waktu yang relatip cukup lama, bisa lebih dari satu tahun. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Attractive section of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital too assert that I acquire
actually loved account your blog posts. Anyway I will be subscribing
on your feeds oor even I success you get entry to constantly rapidly.


my page; article about health

Unknown mengatakan...

Shalom. Mau bertanya kampus stt yang sudah dilengkapi fasilitas asrama dimana saja ya?
Tolong dijawab

Unknown mengatakan...

Lucu saja mengapa tdk ada Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia (STTII) atau dulu org sering menyebutnya STII yg dirintis oleh Pdt DR. Chris Marantika. Pdhl skrg STTII ada 16 sekolah dan menjadi alumni terbanyak diindonesia. Apakah ada mksd tertentu, dgn tdknya mencantumkan STTII

Blogger mengatakan...

@Lukas Naibaho: Waduh, jangan langsung negative thinking lah bro. Saya cuma belum dapat referensinya saja kok.
Salah satunya adalah: Siapa saja lulusan dr STT itu yang memang sudah dikenal dunia Teologi. Kl pak Marantika, siapa sih yang tidak kenal beliau.
Kalau bro bisa bantu saya, saya pasti akan masukkan nama STTII kok.
Jadi ga ada maksud apa2 kok, justru saya butuh bantuan untuk terus merevisi daftar di atas.

Unknown mengatakan...

admin: thanks informasinya... mungkin bisa ditambahkan STT Cipanas...

Unknown mengatakan...

Syalom.. untuk STT Berita Hidup (no 19),, sekolah ini aliran Injili.. untuk program S1 yg mendapat beasiswa menjadi perintis jemaat gereja GKAI.. namun bg mhs yg membayar sendiri atau beasiswa gereja pengutus bisa kembali ke gereja masing2 atau pelayanan sendiri sesuai bidangnya.. krn kami juga menerima mhs dr interdenominasi gereja, dan sdh banyak lulusan kami yg merintis, mendirikan gereja, menjadi pemimpin di lembaga2 kristen dan pemerintah, spt pembimas, gara bimas, guru2 PAK, dll..
Untuk S1, kami menyediakan asrama (putra dan putri), dg kapasitas maksimal 150 mhs...
untuk program S2 dan S3, juga disediakan asrama,, model kuliah block teaching, menerima mhs dari berbagai denominasi gereja..
Trimaksh, Tuhan memberkati..
Salam kami
M. Iksantoro (PK 3 Bid Kemahasiswaan STT Berita Hidup)

Blogger mengatakan...

@Michael Angga:
Siap. Saya sudah masukkan, tetapi mungkin infonya masih terbatas, jika ada masukkan, silahkan ditambahkan yah.

@M. Iksantoro:
Terima kasih masukkannya sudah saya tambahkan

Unknown mengatakan...

Syalom, pertama-tama kami mengucapkan terimakasih sdh memasukkan dan merevisi info tentang STT Berita Hidup. Kami mohon sekali lagi, agar info itu dihapus, krn kurang lengkap, ddan menggantinya dengan info yg baru sy kirim ini:


STT Berita Hidup didirikan oleh Yayasan Berita Hidup, yang bekerjasama dengan Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI). Pada Tahun 1974, Berita Hidup membuka pendidikan teologi di Jakarta dengan nama Institut Alkitab Jakarta (INALTA). Tahun 1978, INALTA membuka cabang di Surakarta, membuka kursus di Lawang (Jatim) dan Banyuwangi. Tahun 1979 kursus di Lawang menjadi Sekolah Alkitab tetapi tempatnya pindah di Tuban, Jatim. Demikian pula kursus Alkitab Banyuwangi menjadi Sekolah Alkitab Banyuwangi.

Pada Tahun 1982, INALTA Jakarta untuk pertama kalinya membuka program S1. Untuk mengembangkan pelayanan yang lebih luas, tahun 1988, kantor Berita Hidup di Jakarta pindah ke Surakarta - Jawa Tengah, tepatnya di daerah Selorejo, Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar (perbatasan kota Solo). Tahun 1989, INALTA Jakarta dilepaskan dari naungan Berita Hidup, Sekolah Alkitab di daerah-daerah dihapuskan dan INALTA cabang Surakarta berganti nama menjadi STT Berita Hidup Surakarta, dengan program Ijasah Theologia (non-gelar).


Pada Tahun 1991 STT Berita Hidup membuka program S1 dan mendapat pengakuan dari pemerintah dengan dikeluarkannya ijin dari Ditjen Bimas Kristen Departemen Agama Republik Indonesia. Dan sejak Tahun 2013, baik Prodi Teologi maupun Pendidikan Agama Kristen (PAK) telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


Tahun 2001, STT Berita Hidup membuka program S2 dengan dua jurusan, yaitu Filsafat Agama dan Manajemen Gereja. Tahun 2005, Program S2 ini telah memiliki Program Studi baru yaitu Kepemimpinan Kristen dan Pendidikan Agama Kristen, dan keduanya telah terakreditasi BANPT sejak Tahun 2014.

Tahun 2011, STT Berita Hidup juga telah membuka Program S3 dan masih menunggu visitasi dari BANPT Tahun 2016 ini.

STT Berita Hidup menerima mahasiswa dari interdenominasi gereja. Tersedia beasiswa untuk program S1 dan S2, dengan kriteria dan persyaratan-persyaratan tertentu. Kami juga menyediakan asrama untuk program S1 dengan kapasitas maksimal 150 orang.

Sistem perkuliahan S2 dan S3 adalah block teaching (Senin-Jumat, pkl 15.00-21.00). Bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota, kami juga menyediakan penginapan (asrama) selama kuliah berlangsung.


Alumni STT Berita Hidup telah banyak yang menjadi Perintis Jemaat GKAI (bagi S1 yg mendapat beasiswa); Gembala Jemaat; Guru-guru PAK; Pemimpin-pemimpin Lembaga Kristen dan Pemerintah, seperti Pembimas Kristen, Gara Bimas Kristen, dll.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di:
www.sttberitahidup.ac.id; Emal : sttberitahidup@gmail.com
Phone : 0271-853244
Alamat : Jl. Solo – Kalioso KM 7 Surakarta; PO. BOX 247 Solo 57102

Unknown mengatakan...

selamat sore pak
Saya ingin sekali sekolah di STT Amanat Aging pak. Tapi saga sulit sekali untuk mendaftar Dan saya juga tidak tahu bagaimana cara mendaftarnya pak?
Dan boleh saya tahu di STT Amanat Agung aliran Protrstan kan pak? Sebelumnya terima kasih pak

Blogger mengatakan...

@Dian Bengngu:
Bisa langsung ke alamat yang bersangkutan kok.
Aliran STT Amanat Agung adalah Protestan, STT Amanat Agung berafiliasi dengan Gereja Kritus Yesus - GKY (dahulu namanya GKJMB - Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar).

Anonim mengatakan...

SAYA AGAK MERAGUKAN YANG MEMBUAT DAFTAR INI...APA KRETERIANYA DAN APAKAH PERNAH ADA SURVEI...SAYA PERNAH BACA KOMENTAR DARI LEMBAGA YG PUNYA OTORITAS TENTANG INI KIRA KIRA 3 - 4 TAHUN LALU...ANYAK STT YG TIDAK MEMENUHI SYARAT PENDIDIKAN TIGGI....

Blogger mengatakan...

Bapak Anonim yang meragukan daftar ini:

Sekali lagi saya tegaskan, bahwa memang SAYA TIDAK BERKOMPETENSI membuat daftar ini. Dan hal ini sebenarnya tidak usah diperdebatkan, karena dari awal tulisan sudah saya jelaskan. Makanya saya tulis, bahwa ini adalah versi saya.

Saya setuju, banyak STT yagn tidak memenuhi syarat pendidikan tinggi.

Saya berharap nantinya ada sebuah survei dan lembaga kredibel yang membuat daftar yang resmi. Mudah2an tulisan saya bisa memancing institusi resmi untuk melakukan studi tentang STT terbaik.

Unknown mengatakan...

Ada aja orang yg super bawel ya !!!
Sabar Bro Garry.... Gbu

Unknown mengatakan...

Ada aja yang super bawel ya !!
Sabar ya Bro Garry.. Gbu pelayananmu..

Blogger mengatakan...

R. Siahaan:
Biasalah itu. Yang penting kan kita cuma mau memberikan referensi tambahan. hehehehe. Tuhan memberkati juga yah.

Anonim mengatakan...

Boleh kenalan dong ??

Anonim mengatakan...

Bisa ditambah STT Ichtus di Jakarta Utara, STT ini berada di naungan GBI Shalom Pengajar Pdt Japarlin Marbun

http://sttichtus.blogspot.co.id/

Blogger mengatakan...

Dear Anonim yang ingin menambahkan STT Ichtus,

Mohon maaf untuk saat ini saya belum bisa menambahkan STT tersebut, karena:
1. Saya sudah melakukan survei, dan sampai saat ini hampir mayoritas teman-teman teologi saya tidak mengenal STT tersebut.

2. Web nya masih dalam bentuk blogspot.

3. Tapi kalaupun tidak masuk dalam blog saya, bukan berarti STT Ichtus tidak berkualitas loh, apalg kl ada pak Japarlin Marbun disitu.

Unknown mengatakan...

syalom, mhn bantuan untuk aekilah pasca sarjana theologia area batam yg beraliran protestan. gbu

Indra Junedi Pasaribu mengatakan...

Shalom.


Nama saya Indra Pasaribu saat ini saya sedang menulis skripsi di STT-Harapan Indah Bekasi di Fakultas Teologi Kependetaan. Saya memiliki kerinduan dan keinginan yang dalam untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 TEOLOGI. saya sangat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan untuk menambah pengetahuan mengenai ilmu Teologi demi pelayanan bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus. Tetapi oleh karena faktor dana yang tidak memadai sehingga saya belum dapat melanjutkan kerinduan tersebut.

Oleh sebab itu apabila ada informasi mengenai beasiswa/sponsorship dari Yayasan, STT, Lembaga, Institusi yang menyediakan Beasiswa untuk membantu terwujudkan kerinduan saya tersebut, maka saya memohon untuk membagikan informasi kepada saya di alamat email ini atau melalui nomor 081381122198. Besar Harapan dan Doa saya semoga Tuhan menggerakan hati Bpk/Ibu/Sdra/Sdri untuk membantu hal ini.

Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.
Tuhan Yesus Memberkati.

Anonim mengatakan...

Maaf kak, saya ingin bertanya, kalau seandainya s1 ekonomi, trus mau s2 teologi bisa gak yah? Terimakasih.

Anonim mengatakan...

STT Aletheia aliran Reformed pak

erik satita mengatakan...

STT EFATA SALATIGA
JLN. BANGAU NO. 25 SALATIGA

levensius dhamicy mengatakan...

Syalom.. agak sedih saya STT Borneo tempat saya kuliah tidak masuk list..
Sekolah ini berada di Kalimntan Barat.. tepatnya di jalur trans Indonesia-Malaysia.

Anonim mengatakan...

SEKOLAH TINGGI THEOLOGI "IKAT" JAKARTA -jL.REMPOA PERMAI NO.2 BINTARO,PASANGGRAHAN,JAKARTA SELATAN TLP.021.7342926 -FAX.021-7351731 ; WEBSITE : WWW.sttikat.ac.id. (INFO NOPEMBER 2016 )
STh. - TERAKREDITASI BAN-PT -- STATUS B
SPd. - TERAKREDITASI BAN-PT -- STATUS B
MPd. - TERAKREDITASI BAN-PT -- STATUS C
MTh. - TERAKREDITASI BAN-PT -- STATUS B
INSTITUSI - TERAKREDITASI - C
D.TH. - PROSES AKREDITASI
CATATAN : INFORMASI LENGKAP DAPAT DIBACA DI Website :www.sttikat.ac.id

Unknown mengatakan...

M

Unknown mengatakan...

M

Anonim mengatakan...

Pernah dengar STT Intheos di surakarta ndak pak?

Blogger mengatakan...

Tentu saja saya pernah mendengar nama Intheos.
Beberapa dosen saya berasal dari sana seperti Pak Pardede (Hudus dan Pontas), pak Hariyanto dll.

Kl boleh, adakah link dimana saya bisa mencari infonya biar saya bisa masukkan nama Intheos..

Unknown mengatakan...

Dr.Michael Mandang,SIP,MM,M.Th,Akta IV adalah lulusan S3 STT Apollos Jakarta saat ini Bekerja di TVRI Pusat sebagai Presenter Berita dan Pilot di Indonesia kesaksian hidup karena kasih setia Tuhan dan Pertolongan Roh Allah serta Tuntunan Firman Allah tiap hari sepanjang hari selamanya sampai keturunan dilayakkan layaknya 5 Gadis Bijaksana. Terimakasih Amin...Amin..Amin.

J. Wenas mengatakan...

Kenapa penulis tidak pernah mencari referensi ke MANADO?
Salah satu daerah basis Protestan terbesar ke 2 di Indonesia dari denominasi GMIM?
UKIT TOMOHON?

Blogger mengatakan...

Yang Terkasih Bapak Wenas,

Saya ucapkan terima kasih atas masukkannya, dan saya sudah masukkan nama UKIT Tomohon, selama ini saya memang cari referensinya memang agak sulit, termasuk ketika masuk ke websitenya yang belum ada isinya.

Tapi intinya terima kasih.

Terkadang saya sebagai penulis bukannya tidak ingin memasukkan nama-nama STT tetapi belum punya referensi, jadi sangat baik jika para pembaca sekalian bisa memberikan saya nama STT lainnya untuk bisa saya masukkan disini, tetapi kalau bisa dikirimkan juga referensi penjelasan mengenai STT yang Anda berikan ke

GARRYTENGKER@AOL.COM

OREL STTJ mengatakan...

Trima kasih karena STT Jaffray sudah masuk daftar. Sekedar info bahwa sekarang STT Jaffray Makassar sudah membuka program doktor (S3) dan sudah memasuki wisuda yg ke 4. STTJ juga dari S1-S3 sudab mendapat akreditasi B dari BAN PT. Dan STTJ juga secara institusi sudah terakreditasi B. Sekarang mahasiswanya sudah memasuki 500an dari sumatra sampai papua. Terimakasih. Tuhan memberkati

Unknown mengatakan...

Pak Garry...

Tulisan bapak ini sangat bermanfaat lho. Terimakasih sudah mau repot menulis dan malah sering disalah artikan.

Andai kata saya tahu info ini sejak dulu. Saat ini saya sedang mencari kampus S3 yg baik dan bukan aliran kharismatik (S1 dan basic gereja saja kharismatik) jadi agar lebih kaya pengalaman dan kaya teman-teman.

Oh ya mungkin Bpk. Bisa memasukkan sekolah Tinggi Theologia Nazenere Yogyakarta. Dibawah naungan Gereja GKN (Gereja Kristen Nazerena) S1 dan S2 nya sudah akreditasi oleh BAN-PT.

Sekolahnya cukup baik, lengkap dengan asrama dan dosennya juga mumpuni.

Hanya saja belum punya website.

Oh ya jika belum layak dimasukkan kedalam list tidak apa-apa, mungkin kedepan bisa. Karena saya sendiri agak awab dalam per-STT an. Hehe..

Sekali lagi terimakasih utk list nya pak. Gbu

Unknown mengatakan...

Oh ya pak Gerry Tengker, mungkin bisa memasukkan STT Bethany Surabaya.

Biasanya membaca namanya orang langsung menyamakan dengan gerejanya, dan sayang nama gerejanya sering mendapat label yang tidak terlalu baik di STT lain.
Mungkin (*saya katakan mungkin) mengaggap kurang bagus, tapi saya ingin sampaikan jika Kampus STT Bethany Surabaya saat ini sangat bagus (sudah terakreditasi BAN-PT).

Memiliki Program Teologia dan PAK
Untuk S2 nya juga sudah ada.

Dosennya juga bagus. Perpustakaannya juga lengkap. Seluruh ruangan menggunakan AC.
Hanya sayang belum ada asrama.

STT ini benar-benar bagus, saya sangat rekomendasikan.

Unknown mengatakan...

Oh ya pak.
STT Bethany Surabaya beralamat di JL. MANYAR REJO II/36-38. SURABAYA- JATIM

mungkin bisa dimasukkan, agar teman-teman terbantu.

Terimakasih.

SAINSKU mengatakan...

STT ABDI SABDA MEDAN Pak kok gk ada yang website resminya

Unknown mengatakan...

STT di surabaya yg beraliran protestan atau reformed dimana ya yg direkomendasi kan?

Unknown mengatakan...

Pak STT TORSINA itu dimana yah? Saya pengen kuliah di situ karna saya barusan tamat SMA tapi saya gak tau nyari infonya gimana.. GBU

Unknown mengatakan...

Ada juga STT Inteos tapi gak tau dmana?

Blogger mengatakan...

@Daniel Sunarjo:
Untuk daerah Surabaya, saya belum tau dimana STT Protestan atau Reformed. Mungkin dari pembaca, ada info, silahkan dibantu.

@Clarita Patola:
Inteos itu berada di Solo (Surakarta) dan dia pasti masuk dalam daftar di atas, tetapi sampai saat ini saya masih kesulitan mencari sumber link dari Inteos. Nama-nama Seperti Pdt. Pontas Pardede, Hudus Pardede, Hariyanto adalah salah satu lulusan dari Inteos Solo.

Unknown mengatakan...

Dear Admin,

Mau tanya untuk STT Siloam dan Institut Theologi Rempoa kenapa "Not Recomended"?.. Makasih.

Salam,
Herry S.

Rivon Rivano mengatakan...

Thamk you udah Post STT Aletheia..

Tuhan memberkati 🙏

Unknown mengatakan...

Pak Garry, ada STT Pelita Kebenaran pak, tempat saya study S2 sekarang ini pak, dan sudah Akreditasi BAN-PT
JL. Jamin Ginting, Km 11, 5, Simpang Selayang.
Tlpn: (061) 8360038
Fax :061-8360041
Fast Respond :
Email: hotnielcibaga@ymail.com

Admin Website : sttpk@gmail.com
No.HP : 082281890186

Garry mengatakan...

@pak Billian Lubis:

Terima kasih sekali infonya. Kalau berkenan, apakah bapak boleh kirim data dan history dari STT PK itu pak sehingga bisa saya tampilkan di blog ini.

Ke tengkergarry@gmail.com

J. Ginting mengatakan...

Maaf om, kalau boleh tau stt Ketapang Cianjur itu di mananya ya om, saya baru denger n kalau boleh tau alirannya apa pantekosta, kharismatik,lutheran atau?

J. Ginting mengatakan...

Kalau boleh tau om, stt Ketapang Cianjur itu di mananya ya om. Aku baru dengar.

Blogger mengatakan...

STT Ketapang dan Cianjur beraliran Protestan.
Sedangkan untuk teologinya antara Lutheran atau Calvinis, saya kurang tahu tepatnya

Unknown mengatakan...

Namanya STT Cipanas aliran protestan

Unknown mengatakan...

Namanya STT Cipanas aliran protestan

Unknown mengatakan...

Sta tiranus berlokasi di Cimahi Jawa barat. Didirikan oleh stenli hit seorang amerika (dosen kimia ITB) aliran protestan injili

Unknown mengatakan...

Bisa ntar gelarnya MA/Mdiv

Unknown mengatakan...

STT SAAT

Unknown mengatakan...

Shalom apakah STTSETIA Jakarta tidak masuk klasifikasi sebagai STT yang sudah menghasilkan begitu banyak hamba Tuhan. Saya menilai data ini hanya melihat apa yg dikerjakan banyak STT di kota-kota besar. STT SETIA sudah banyak memberi kontribusi bagi bangsa khususnya mendidik dan membentuk anak-anak muda di pedalaman Indonesia.

Martahi Siahaan mengatakan...

Syaloom Bapak, Ibu, Sdra dan Sdri.
Saya mau bertanya:
Saya bernama Pdt. Martahi Oloan Siahaan, STh, MM.
STh dari STT Abdi Sabda Medan
MM dari Unversitas HKBP Nommensen Medan

Saya berniat akan mau menjadi Dosen.
Dimanakah saya harus melamar menjadi Dosen bidang Agama Kristen dan atau Theologia ?

Mohon saya dibantu,
Terima Kasih,
Syaloom

Teriring Salam dan Doa:
Pdt. M. O. Siahaan

Anonim mengatakan...

Mohon bantuannya.... ada yg mengetahui info dari STT koinonia batu malang ?
Mungkin ada alumninya..thx

Anonim mengatakan...

Syalom.
Benar Pak kita berbeda aliran, namun kita tetap kharismatik. Yg artinya menjalankan anugrah yg Tuhan berikan. Trim's
Kiranya Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Anonim mengatakan...

Ga usah dimasukkan, jelek kualitasnya...

Febrina Pasaribu mengatakan...

shaloom, saya ingin mendaftar ke stt jakarta
tapi sebelumnya saya butuh info tentang tes masuk ke sana
dan setelah wisuda para pendeta akan ditempatkan untuk bekerja? terimakasih sebelmnya

Blogger mengatakan...

Shalom, untuk info bisa langsung telpon dan buka web nya.

Untuk penempatan setelah lulus, setahu saya setiap lulusan STT tetap harus melamar ke sinode yg dia pilih untuk melayani.

Unknown mengatakan...

shalom....
stt hkbp/protestan yang murah dimana ya...saya ingin sekali menjadi sekrng pendeta tapi org tua saya kurang mampu dalam biaya....085658180411 ini whatsapp saya...tolong infonyaa trimkasi

Aries mengatakan...

Shalom,
Kalsel-teng cukup terkenal STT GKE.

Unknown mengatakan...

STT Jaffray Makassar

Unknown mengatakan...

STT JAFFRAY MAKASSAR (SEKARANG STFT JAFFRAY MKS) MEMILIKI 2 PRODI:
TEOLOGI KEPENDETAAN & PENDIDIKAN AGAMA KRSTEN

PRODI TEOLOGI:
- Konsentrasi Teologi
- Konsentrasi Konseling

PRODI PAK.
- Konsentrasi Pendidikan Agama Kristen (PAK)
- Konsentrasi Musik Gerejawi (ada pilihan mayor: Piano atau Conducting)
- Konsentrasi Pelayanan Anak & Remaja (PAR)

Untuk S2:
Prodi Teologi
- Konsentrasi Teologi
- PAK
- Pelayanan Anak (HCD)
- Biblika

S3:
- Teologi


Semua Akreditasi B
Dan Akreditasi Institusi B

Pendaftaran online maupun offline.
Berbagai suku ada di sana.
S1 - S3 kurang lebih ada sektiar 500 Mahasiswa.

Memiliki lembaga dan organisasi di kampus utk melatih mahasiswa.
BEM
Majelis Kapel
LMPM
Penerbitan

Memiliki Banyak persekutuan per daerah

Toraja (Permata)
Mamuju dan sekitarnya (Mesakada)
Manado dan sekitarnya (Sulut Ministry)
Kalimantan Timur dan Utara (Smirna)
Kalimantan Barat dan sekitarnya (Arthut Mouw)
NTT dan sekitarnya (Flobamora)
Papua dan sekitarnya (Ekklesia Ministry)

ada sarana olahraga lengkap
lab komputer
lab bahasa
lab micro teaching
ruang musik dan studio rekaman Jaffray Music Studio (JMS)
Klinik
Ruang doa
ruang konseling
lab Pelayanan anak dan remaja

dan masih banyak lagi.
saya bangga menjadi lulusan dari sana.
kami diterima di gereja aliran apapun. kharismatik, protestan, injili, gereja2 Tionghoa, dll

www.sttjaffray.ac.id
youtube: Jaffray Studios

Unknown mengatakan...

Mohon infonya stt yg menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (online)

Unknown mengatakan...

STT Eben Haezer di tanjung Enim palembang https://stte.ac.id/. dengan keunggulan pembinaan Karakter. Recomended

Unknown mengatakan...

syalom STT di sumatra STT Eben Haezer https://stte.ac.id/.dengan keunggulan pembinaan karakter dengan asrama putera dan asrama puteri.sangat recomended

Anonim mengatakan...

Yg anda tidak ketahui bahwa ada Fakultas Theologi UKIT Tomohon adalah Fakultas yg sudah melahirkan ribuan Pendeta, dan perlu diketahui UKIT sudah lama berdiri dan didukung oleh GMIM yaitu Gereja terbesar di Indonesia Timur

Toni Silaban mengatakan...

GMIM gereja terbesar di Indonesia?. Wkwk

Anonim mengatakan...

Shaloom. .
Saya sebenarnya mau menimbah Ilmu di STTRII, tapi yah. mungkin ngk ya kami dari Mentawai dapat kesempatan untuk sekolah di sana, Mengingat dan menimbang biaya dan juga keterbatasan informasi juga .
Dan juga saya sering mengikuti program acara di Chanel televisi Reformed 21, disitu saya suka mendengarkan khotbah dari pak Pdt Steven tong
Saya berharap sekali ada peluang untuk bisa mengenyam pendidikan di STTRII Mudah-mudahan Tuhan mengijinkan saya

Elba Noprianus mengatakan...

Saya kuliah di STT INTIM kak yang sekarang jadi STFT INTIN