Senin, 20 Desember 2010

DAFTAR BUKU KRISTEN PALING BERPENGARUH DAN DAFTAR BUKU KRISTEN PALING LARIS

Daftar ini dibuat berdasarkan "Daftar Buku Terlaris Sepanjang Masa" serta "Daftar Buku Paling Berpengaruh Sepanjang Masa" yang disaring dari www.wikipedia.com. Ada beberapa buku yang memang masuk daftar wikipedia, namun saya tidak memasukkannya karena buku tersebut merupakan buku dari aliran yang saya anggap sesat, seperti Buku Mormon dan Buku Cetakan dari WatchTower (Saksi Yehova). Sementara itu buku dari Ellen G. White saya tetap masukkan dalam daftar ini karena saya tidak menganggap Advent sebagai aliran sesat.


1. Cruden's Concordance 
Penulis: Alexander Cruden
Tahun Penulisan: 1773
Saya yakin ada banyak sekali orang yang tidak mengetahui buku ini atau bahkan tidak pernah mendengar buku ini sama sekali. Buku ini adalah cikal bakal "KONKORDANSI" yang saat ini penggunaannya digunakan secara luas.Konkordansi adalah suatu daftar menurut abjad dari kata-kata utama yang digunakan dalam sebuah buku atau tubuh bekerja, dengan konteks langsung mereka.
Contoh: Jika anda ingat dengan ayat "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan anakNya yang tunggal..." lalu kita lupa dimana letak ayat tersebut; maka kita bisa mencari kata "kasih" dalam "konkordansi" dan disitu terdapat banyak sekali ayat yang memiliki kata "kasih" dimana salah satunya adalah di Yohanes 3:16.


2. On the Babylonian Captivity of the Church
Penulis: Martin Luther
Tahun Penulisan: 1520
Buku ini menulis tentang pandangan Luther terhadap ketujuh sakramen yang dipercayai oleh umat Katolik serta kritikannya terhadap sistem ke-Pausan saat itu. Dalam buku ini, Luther menegaskan kembali mengenai keselamatan yang berpusat dan berinisiatif dari Allah (Sola Gracia) dan melalui iman (Sola Fide).
Setelah penulisan buku ini dan penyebarannya, maka saat itu Luther menjadi target utama dari Gereja Katholik untuk ditangkap. Sejak saat itu, gerakan reformasi gereja semakin meluas.
Dalam karya ini Luther membahas tujuh sakramen Gereja Katholik dalam terang Alkitab. Berkenaan dengan Ekaristi (Sakramen Perjamuan), ia berkata bahwa orang awam juga berhak meminum cawan darah Kristus, dan menolak ajaran bahwa Ekaristi adalah kurban yang dipanjatkan kepada Allah.




3. Institutes of Christian Religion
Penulis: John Calvin
Tahun Penulisan: 1536
Buku itu ditulis sebagai buku teks pengantar  iman Protestan dengan beberapa pengetahuan teologi serta  meliputi berbagai topik teologis dari doktrin gereja dan sakramen untuk pembenaran karena iman dan kebebasan Kristen. Buku ini merupakan buku yang berisi dengan serangan frontal kepada pihak Gereja Katholik. Tema di utama dari buku ini (yang merupakan warisan terbesar dari teologi Calvin) adalah gagasan dari kedaulatan Allah secara total, terutama dalam keselamatan dan pemilihan.



4. The Fundamental
Tahun Penulisan: 1910-1915
The Fundamental atau The Fundamental: Sebuah Kesaksian Untuk Kebenaran disunting oleh AC Dixon dan kemudian oleh Reuben Archer Torrey adalah satu set 90 esai dalam 12 jilid diterbitkan 1910-1915 oleh Institut Alkitab Los Angeles. Mereka dirancang untuk menegaskan keyakinan Protestan ortodoks dan melawan ide-ide yang dianggap bertentangan dengan mereka. Mereka secara luas dianggap sebagai dasar dari gerakan fundamentalis modern (Gerakan Baptis).
Esai-esai ini awalnya dibiayai oleh Lyman Stewart pada tahun 1909 untuk mengatur apa yang mereka diyakini dasar-dasar iman Kristen. Buku ini dikirim bebas untuk pos pelayanan, misionaris, guru Sekolah Minggu dan lain-lain yang aktif dalam pelayanan Kristen.
Buku membela keyakinan Protestan ortodoks dan menyerang theologi "Higher Criticsm", teologi liberal, Katolik (juga disebut oleh mereka Romanisme), sosialisme, filsafat modern, ateisme, Christian Science, Mormonisme, Seribu Dawn (sebuah istilah awal untuk gerakan tertentu Siswa Sekolah Alkitab yang sebagian besar kemudian menjadi "Saksi-Saksi Yehuwa"), Spiritualisme, dan evolusionisme.



5. Against Heresies (Melawan Bidat)
Penulis: Ireneaeus
Tahun Penulisan:180 M
Tujuan dari "Against Heresies" adalah untuk menyangkal ajaran berbagai kelompok Gnostik, yang merupakan suatu bidat yang menggabungkan keKristenan dengan ajaran yang mengandalkan logika. Ajaran gnostik ini juga sudah muncul ketika Paulus dan Petrus masih hidup. Ajaran ini berasal dari para pedagang yang berasal dari Yunani yang kemudian mengancam iman keKristenan terutama umat Kristen di bawah kepemimpinan Ireneaeus. Sebagai uskup, Irenaeus merasa berkewajiban untuk melawan kelompok yang dipimpin Valentinians dan untuk melindungi gereja dari mereka. Dalam rangka untuk memenuhi tugas ini, Irenaeus yang berpendidikan akhrinya harus menyelidiki mengenai gnostik dan menyusunnya pada sebuha tulisan yang akhirnya disebarkan di seluruh gereja saat itu. 




6. Pilgrim's Progress
Penulis: John Bunyan
Tahun Penulisan: 1678
Buku ini dianggap sebagai salah satu karya paling penting dari buku Kristen, dan  telah diterjemahkan ke lebih dari 200 bahasa, dan tidak pernah outprinted. Penulisan buku ini adalah ketika Bunyan berada dalam penjara county Bedfordshire karena dianggap oleh Kerajaan dan Gereja Inggris telah melanggar Undang-Undang Conventicle, yang melarang penyelenggaraan pelayanan keagamaan di luar naungan Gereja mapan Inggris. 
Buku ini sudah terjual lebih dari 70 juta kopi dan sampai saat ini terus mengalami cetak ulang.


7. Purpose Driven Life
Penulis: Rick Warren
Tahun Penulisan: 2002
The Purpose Driven Life (2002) adalah sebuah buku renungan yang ditulis oleh penulis Kristen Rick Warren dan diterbitkan oleh Zondervan. Buku ini telah di daftar New York Times Best Seller sebagai buku nasihat dengan  periode terpanjang di sejarah, serta terdaftar di grafik Wall Street Journal dan juga grafik Weekly Publisher sebagai karya best seller dengan lebih dari 30 juta kopi terjual pada tahun 2007.
Buku ini menawarkan pembaca sebuah perjalanan spiritual 40-hari pribadi, dan menyajikan apa yang Warren sebut dengan lima tujuan Allah bagi kehidupan manusia di Bumi dan menggambarkannya sebagai "cetak biru untuk kehidupan Kristen di Abad 21 ... Menggunakan sekitar 350 referensi Alkitab atau setara dengan 1200 ayat-ayat Alkitab dan kutipan untuk menantang definisi konvensional Ibadah Kristen, Fellowship, Pemuridan, Departemen Kristen dan Penginjilan."



8. Steps to Christ
Penulis: Ellen G. White
Tahun Penulisan: 1892
Ini merupakan buku penginjilan yang ditulis oleh Ellen G. White, pendiri dan nabiah bagi Gereja Advent Hari Ketujuh. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1892 dan sejak itu kemudian menjadi buku yang paling populer dan banyak dibaca oleh penulis, dicetak di lebih dari tujuh puluh bahasa di seluruh dunia.
Buku ini dibagi dalam 13 bab dimana didalamnya membahas mengenai bagaimana datang dan mengenal Yesus Kristus pada tingkat pribadi. Selain itu, buku ini juga mencakup topik pertobatan, iman, keraguan penerimaan, dan doa.
 
Walaupun demikian, tulisan dari Ellen G. White masih dalam kontroversi karena tulisan-tulisannya dianggap sebagai tulisan kenabian. Apakah itu berarti dia menganggap bahwa nubuatan dan pewahyuan Alkitab belum lengkap? Lebih lanjut, Anda bisa klik disini.



9. In His Steps: What Would Jesus Do?
Penulis: Charles Sheldon
Tahun Penulisan: 1896
Saya yakin ada banyak dari anda yang sudah familiar dengan kutipan "WWJD". Tapi tahukah anda bahwa istilah ini berasal dari sebuah novel Kristen terlaris ini?
Ini adalah buku terlaris yang ditulis oleh Charles Monroe Sheldon. Pertama kali diterbitkan pada tahun 1896, buku fiksi telah terjual lebih dari 30.000.000 eksemplar, dan peringkat ke-39 sebagai buku terlaris sepanjang masa.

10 komentar:

Unknown mengatakan...

wah tulisan yang menarik

Blogger mengatakan...

Terima kasih pak Bayu...

Jika ada masukkan atau referensi lainnya, jangan ragu untuk mengirimkannya via email...

Tuhan memberkati

arya mengatakan...

buku Purpose Driven Life itu bagus bgt walaupun saya ga punya bukunya tapi saya selalu berusaha utk meminjam teman saya yg pya buku itu..

arya mengatakan...

buku yg berjudul Purpose Driven Life itu bgs bgt.. walaupun sy ga pya bukunya tp saya slalu berusaha utk pinjam ke teman sy yg pya buku itu..

Sovereign East mengatakan...

Pencarian Manusia Akan Allah tidak ada ?

BN mengatakan...

saya tertarik dengan buku "The Fundamental" kira-kira saya bisa mendapatkannya dimana ya min? kalau bisa sih dalam bahasa indonesia

Blogger mengatakan...

@Ogians Sinurat:

Saya sarankan coba beli di Amazone.com

Unknown mengatakan...

Patut dicoba juga

markjacob84 mengatakan...

Twrima kasih

Unknown mengatakan...

Saya lebih bergairah ketika baca buku2nya Ps Reynhard Bonnkey