Kamis, 28 Januari 2016

DAFTAR NEGARA KRISTEN DI ASIA.

Asia tidak bisa dipisahkan dari keKristenan. KeKristenan bahkan lahir di Asia (Yerusalem) dan ada banyak tempat yang tercatat di Alkitab berada di Asia seperti Mesopotamia, Babel, Persia, Asyur, dan lainnya.

Di Benua Amerika (Utara, Tengah, Selatan dan Karibia), Kristen (Protestan dan Katolik) adalah agama mayoritas di seluruh negara; Di Eropa hampir semua negara mayoritas Kristen, sedang di Afrika, setengah negara Afrika mayoritas Kristen. Tapi kalau di Asia, hanya beberapa negara dimana Kristen adalah mayoritas, berikut ini saya akan tampilkan daftarnya berdasarkan angka persentase tertinggi:

1. Timor Leste
Persentase Kristen: 98% (Katolik 97%)
Jumlah Penduduk: 1.108.777
Jumlah Kristen: 1.086.601
Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.
Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis "Timor Leste" sebagai nama resmi negara mereka.
Pada tahun 2005 penduduk Timor Leste diperkirakan berjumlah 1.040.880 jiwa. Penduduk Timor Leste merupakan campuran antara suku bangsa Melayu dan Afrika, sebagian kecil keturunan Portugis. Mayoritas penduduk Timor Leste beragama Katolik (93%), diikuti Protestan (3%), Islam (1%), dan sisanya BuddhaHindu (1%, masing-masing 0,5%), dan aliran kepercayaan (2%). Karena mayoritas penduduk beragama Katolik, maka kini terdapat tiga keuskupan (diosis) yaitu: Diosis DiliDiosis Baucau dan Diosis Maliana yang baru didirikan pada tanggal 30 Januari 2010 oleh Paus Benediktus XVI.


2. Filipina
Persentase Kristen: 85.5% (Katolik 80%)
Jumlah Penduduk: 100 juta jiwa
Jumlah Kristen: 85 juta jiwa
Filipina atau Republik Filipina (Republika ng Pilipinas) adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utaraIndonesia, dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.107 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina yang bahagia, dan pekerja keras ini telah mengembangkan sistem cocok tanam Padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya.
Filipina adalah negara paling maju di Benua Asia setelah Perang Dunia II, namun sejak saat itu telah tertinggal di belakang negara-negara lain akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial. 
Masalah-masalah besar negara ini termasuk gerakan separatis Bangsamoro di sebelah selatan Filipina yaitu di region Mindanao, pemberontak-pemberontak dari Tentara Rakyat Baru (New People's Army) yang beraliran komunis di wilayah-wilayah pedesaan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang sering tidak konsisten, tingkat kejahatan yang makin meningkat, dan kerusakan lingkungan seperti penebangan hutan, dan polusi laut. 
Penduduk Filipina mayoritas beragama Katolik 80%, hal ini disebabkan Filipina merupakan bekas jajahan Spanyol, dilanjutkan dengan Protestan 10%, hal ini karena Filipina dijajah Amerika Serikat, dilanjutkan dengan Islam 5% yang mayoritas berada di Pulau Mindanao, lalu Buddha 2.5% yang merupakan penduduk pendatang dari Korea Selatan,Republik Rakyat ChinaMalaysiaSingapuraJepangIndia, dan Vietnam. Sebanyak 0.4% menyatakan dirinya Atheis,[butuh rujukan], dan 2.1% beragama lain.

3. Korea Selatan
Persentase Kristen: 29% (Protestan 18%, Katolik 11%)
Jumlah Penduduk: 49 juta jiwa
Jumlah Kristen: 14 juta jiwa
Republik Korea (bahasa KoreaDaehan Minguk (Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國); bahasa InggrisRepublic of Korea/ROK) atau biasa dikenal sebagai Korea Selatan atau Korsel adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatanSemenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara.[4] Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국; 韓國).[5] oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn (남조선; 南朝鮮; "Chosŏn Selatan") di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).
Hampir sebagian besar rakyat Korea Selatan memilih tidak beragama atau atheisme. Buddhaadalah agama yang mempunyai penganut terbesar di Korea Selatan dengan 10.7 juta penduduk. Tetapi jika pemeluk Protestan dan Katolik digabung, maka angkanya melebihi penganut Budha. Gereja Kristen terbesar di Korea Selatan, Yoido Full Gospel Church berlokasi di Seoul. Diperkirakan ada 45.000 warga Muslim Korea dengan 100.000 orang pekerja yang dari luar negeri yang berasal dari negara Muslim yang menularkan agama Islam di Korea Selatan.

-Ev. Garry Tengker-

15 komentar:

Unknown mengatakan...

TIDAK PERLU BEDA BEDAIN AGAMA!!

Blogger mengatakan...

Ibu Siti Aisyiah:
Mohon maaf terkait komentarnya. Dalam blog ini hanya menyampaikan data, tidak kurang dan tidak lebih. Terima kasih

Margaret ninda mengatakan...

Maaf Ibu Siti Aisyah,ini hanyalah data sebagai informasi bagi pembaca bkn bermaksud utk membedakan agama,mohon maaf bila menyinggung perasaan anda,tapi menurut saya komentar anda itu salah,terima kasih.

Margaret ninda mengatakan...

Maaf komentarnya Ibu Siti Aisyah,mungkin mnrt anda blog ini membedakan agama,tapi anda sebenarnya salah.ini hanyalah data sebagai informasi bg pembaca yg ingin tau,soal agama itu tergantung masing2 orang utk memilih.tolong ibu kalau memberi komentar yg baik2 saja.Terima Kasih

Margaret ninda mengatakan...

Maaf Ibu Siti Aisyah,ini hanyalah data sebagai informasi bagi pembaca bkn bermaksud utk membedakan agama,mohon maaf bila menyinggung perasaan anda,tapi menurut saya komentar anda itu salah,terima kasih.

Unknown mengatakan...

Australia, timor leste, filiphina, korsel dan sebentar lagi indonesia. Terus berdoa dan bekerja, jgn takut menjadi saksi kristus dan terang bagi sekitar. God bless us

Anonim mengatakan...

Terimakasih, blog anda sangat bermanfaat untuk melengkapi catatan saya ^_^

Anonim mengatakan...

Terimakasih, blog anda sangat bermanfaat untuk melengkapi catatan saya ^_^

Unknown mengatakan...

Tuhan Yesus Berkati

Unknown mengatakan...

Tuhan yesus dan bunda maria sll menyertai kita smua

anfield mengatakan...

kita banyak saudara .. kita martir sesungguhnya nanti

Unknown mengatakan...

Papua nughini mayoritas nya agama apa min ? Mohon balasan nya

Blogger mengatakan...

Papua New Guinea:
Kristen dengan berbagai aliran (Lutheran, advent, Pentakosta) 69%
26% Katolik
sisanya:
1,4% non-Kristen
3,1 % tidak mengungkapkan agamanya

Portabouwocom mengatakan...

Blog anda sangat membantu untuk di ketahui,tuhan memberkati

Unknown mengatakan...

Artikel nya sangat bermanfaat semoga makin banyak informasi yang bisa dibagikan