Rabu, 10 Desember 2014

DAFTAR STT (SEKOLAH TEOLOGIA) TERBAIK DI INDONESIA VERSI SAYA.

Berikut adalah daftar dari Sekolah Tinggi Teologi (STT) terbaik yang ada di Indonesia yang saya rangkum.
Dan apa yang saya tulis ini bukanlah berdasarkan urutan, hanya untuk membantu rekan pembaca untuk mendapatkan referensi. Saya juga terbuka jika rekan-rekan ingin memasukkan informasi mengenai STT yang ada di Indonesia.
Ini bukanlah versi resmi dari Dinas Kependidikan atau darimanapun, seandainya ditanya ini versi siapa, ini adalah versi "pastorgarrytengker.blogspot.com", artinya tentu saja bahwa daftar ini tidak bisa dijadikan saduran resmi.
Adapun penilaian yang saya berikan didasari beberapa hal:
1. Eksistensi Sekolah.
Artinya, sekolah itu keberadaannya diakui oleh Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan. Biasanya hal ini dibuktikan dengan adanya penyelenggaraan Ujian Negara yang diadakan oleh sekolah tersebut.
2. Lulusan.
Lulusan yang dihasilkan dapat memberikan kontribusi, baik dalam dunia keKristenan ataupun dalam kehidupan bersosial dan bernegara.

Adapun yang menjadi bahan pertimbangan lainnya adalah karena sekolah tersebut sudah dikenal secara luas dalam pendidikan Theologia. Dan daftar ini dibuat tanpa sama sekali tidak berdasarkan denominasi ataupun doktrin yang diajarkan.
Menurut data yang saya dapatkan, ada banyak sekali sekolah theologi yang menjamur di Indonesia. Di Jakarta saja, ada sekitar 42 Sekolah. Dan inilah daftar Sekolah Teologia Terbaik di Indonesia. Sekali lagi, daftar ini dibuat bukan berdasarkan peringkat, dan jika anda memiliki beberapa masukkan, silahkan kirimkan dan dilengkapi dengan data STT tersebut.

1. Sekolah Tinggi Teologia Jakarta (STT Jakarta)
Aliran: Protestan
Lokasi: Jl. Proklamasi, Jakarta
Lulusan: J.L. Ch. Abineno, Jan Sihar Aritonang, A.A. Yewangoe (Ketua PGI), Nathan Setiabudi (Ex-Ketua PGI), Eka Dharmaputra, Karel Sosipater.
STT ini didukung oleh banyak sekali gereja khususnya gereja beraliran Protestan dan juga sebagian besar anggota PGI.
Sekolah Tinggi Teologi (STT) Jakarta adalah perguruan tinggi teologi yang tertua di Indonesia. Sekolah ini didirikan  pada tanggal 9 Agustus 1934 di Bogor dengan nama Hoogere Theologische School (HTS). Prof. Dr. Th. Mülller-Krüger, pejabat rektor STT Jakarta (rektor pertama adalah Dr. J.R. Sloetemaker de Bruine).
Ada banyak lulusan STT Jakarta yang saat ini dikenal oleh jemaat Kristen di Indonesia, khususnya dalam hal penulisan buku, dosen dan bidang pengajaran lainnya.
Info lengkap, klik disini

2. Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT)/South East Asia Bible Seminary
Aliran: Protestan/Reformed
Lokasi: Jl. Arief Margono, Malang
Lulusan: Stephen Tong, Daniel Lucas Lukito, Herlianto
Diawal tahun 1952, Dr. Gih, seorang missionaris dari Tiongkok, mengunjungi Indonesia untuk kedua kalinya setelah kunjungan pertama yang dilakukan dalam rangka penginjilan, sekaligus mempersiapkan pekerjaan untuk memulai Sekolah Teologi, dan telah memilih Bandung sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan. Tidak lama kemudian, Dr. Gih membeli sebuah rumah tinggal di jalan Pasundan 54 sebagai tempat untuk Pendidikan Teologi, yang pada saat itu dinamai Sekolah Teologia Madrasah Alkitab Asia Tenggara (MAAT).
Di samping Dr. Gih merintis Sekolah Teologia, ia juga merintis sebuah gereja, yaitu Gereja Kristen Kalam Kudus bersama beberapa orang Kristen Hakka di Jakarta.
Dua tahun kemudian, yakni pada 1954 Sekolah Teologia dipindahkan ke Malang, Jawa Timur, dan diganti namanya menjadi Seminari Alkitab Asia Tenggara.
Sekolah Teologia ini banyak sekali menghasilkan Teolog beraliran Reformed garis keras. Mereka memperkuat pengajaran mereka khususnya dalam bidang Sistematika (Doktrin).
Info lengkap, klik disini

3. Institut Teologia dan Keguruan Indonesia (ITKI)
Aliran: Kharismatik/Pentakosta
Lokasi: Petamburan, Jakarta
Lulusan: Gilbert Lumoindong, Erastus SabdonoK. Heruyono.

Institut Theologia dan Keguruan Indonesia (ITKI) yang juga lebih dikenal dengan sebutan Seminary Bethel ini merupakan Lembaga Pendidikan Nasional Theologia (National Bible Training College of Bethel Church) dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI). Jadi mayoritas alumninya ditempatkan ke dalam Sinode GBI sendiri, walaupun ada beberapa juga yang bukan dari GBI.
Sekolah ini seolah menghapus pandangan umum tentang orang-orang Kharismatik yang dianggap tidak berpendidikan. Bukan hanya berbicara mengenai praktik, tapi sekolah ini juga berani membela doktrin Kharismatik yang sesuai Alkitab. Saat ini, ITKI dapat dibilang sebagai Sekolah Teologia beraliran Karismatik terbaik di Asia Tenggara bahkan mungkin di Asia.

4. Institut Injili Indonesia (I-3 Batu Malang)
Aliran: Injili
Lokasi: Batu Malang
Lulusan: Sudarmadji Said, James Baware


I.I.I. lahir tahun 1959 dengan didirikan oleh Pdt. Heini Germann-Edey dan Pdt. Detmar Scheunemann (sekaligus pengajar-pengajar pertama)bersama dengan beberapa mahasiswa pertama seperti Pdt. Djami Radja dan Pdt. Umbu Dandra. Sedangkan Pdt.Petrus Octavianus masuk sebagai mahasiswa di angkatan kedua dan kemudian di tahun 19611 menjadi Ketua Yayasan I.I.I. 
Dalam kegerakan penginjilan secara besar-besaran, yang oleh kasih karunia Allah yang ajaib boleh terjadi di Indonesia, YPPII dan III dan juga tentu Pdt. Petrus Ocavianus bersama dengan rekan-rekan lainya boleh dipakai oleh Tuhan sebagai alat-alatNYa. 


(edisi revisi dari masukkan Pdt. Dr. Rainer Scheunemann, Dosen STT GKI I.S. Kijne", Jayapura dan Pendeta GKI di Tanah Papua serta Koordinator Pengajaran Sekolah Alkitab Malam GKI Di Tanah Papua (program 1 tahun) yang telah menyelesaikan 89 angkatan dan 2531 lulusan.)

Sekolah ini lahir dari pergumulan orang-orang beraliran Injili yang dimulai dengan gerakan Penginjilan besar-besaran yang dilakukan oleh salah satu tokoh Injili paling terkemuka di Indonesia, Petrus Octavianus. Memang lulusan yang dilahirkan oleh gereja ini biasanya akan membuka suatu pos di daerah terpencil ataupun daerah yang memang belum atau sedikit dijamah oleh gereja lain. Hal ini yang menyebabkan lulusan dari tempat ini tidak sepopuler lulusan dari STT lainnya.
Bertempat di Batu (Malang) yang juga merupakan "sarang" dari beberapa gereja dan STT besar, I-3 bersama Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) mempelopori persekutuan injili Indonesia (PII) yang merupakan wadah yang mirip PGI namun beraliran Injili. Aliran Injili biasanya agak sedikit flexibel, sehingga kita bisa melihat ada banyak Pendeta Injili yang kemudian melayani di gereja Reformed dan ada banyak juga yang melayani di gereja Kharismatik.
Satu hal yang paling populer dari Petrus Octavianus adalah ketika dia mendoakan Yesaya Pariadji ketika baru hendak membuka gereja. Dalam doanya dia berkata bahwa Pariadji akan memimpin suatu gereja yang sangat besar, dan doa itu nyatanya memang dikabulkan.
Info lengkap, klik disini

5. Sekolah Tinggi Teologia Reformed Indonesia (STTRI)
Aliran: Reformed
Lokasi: Kemang Utara, Jakarta

Dahulu nama STT ini adalah STT-RII (Sekolah Tinggi Teologia Reformed INJILI Indonesia), namun diubah menjadi STTRI. STT ini memang tidak terlalu lama berdiri dibandingkan STT lainnya diatas, namun satu hal yang patut menjadi perhatian adalah ketika para lulusan dari STT ini pergi keluar dan membela mati-matian doktrin keselamatan yang mereka anut.
Hal ini tidak lepas dari pendiri STT ini sendiri, yaitu Pdt. Stephen Tong yang memang sangat kuat dalam hal pengajaran doktrin. Lulusan yang dihasilkan tidak bisa diragukan lagi pengetahuan Alkitabiahnya, walaupun seringkali dianggap dan menganggap orang Karismatik sebagai musuh utama mereka.
Lepas dari itu semua, lulusan dari STT ini dalam ruang lingkup Jakarta bisa disetarakan dengan lulusan dari STT Jakarta.

-Balasan dari STT RII, yang saya anggap sebagai klarifikasi tulisan saya diatas-
STTRII yg didirikan pd th 1991 ini didirikan oleh 3 orang hamba Tuhan: Pdt. Stephen Tong, Pdt. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub Susabda. Sejak th. 2008, Pdt. Yakub Susabda-lah yg menjabat sbg rektor STTRII. Sayang sekali kami dikenal sbg "pembenci Kharismatik," tentu ini stereotip yg tdk menyenangkan bukan hanya bagi saudara2 kharismatik, tapi juga bagi kami segenap civitas akademika STTRII. Ada bbrp hamba Tuhan Kharismatik saat ini sdg melanjutkan studi di tempat kami, tnp meninggalkan pelayanan mrk di grj mereka. Bbrp alumni kami bahkan melayani di gereja kharismatik. Utk lbh jelasnya ttg STTRII dan spirit pelayanan kami, lihat informasi yg bisa diakses di sttrii.blogspot.com.



6. STT Duta Wacana
Aliran: Protestan
Lokasi: Yogyakarta
Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana didirikan pada tahun 1962 sebagai penggabungan dari Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang. STT ini kemudian bergabung dengan Universitas Duta Wacana.
Pada awalnya sekolah Tinggi Theologia ini hanya di dukung oleh enam gereja saja yaitu: Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Tengah (GKI Jateng), Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Timur (GKI Jatim), dan Gereja Injili Tanah Jawi (GITJ). Dukungan gereja semakin bertambah dengan bergabungnya Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Barat (GKI Jabar), Gereja Kristen Sumba (GKS), Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI), Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB), Gereja Kristen Pasundan (GKP), Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB), Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS).
Info lengkap, klik disini

7. Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia (STT Baptis)
Aliran: Baptis
Lokasi: Semarang
Secara historis, STBI didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention tanggal 11 Oktober 1954, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia.
Pada bulan Juli 1971, Misi Baptis Indonesia menghentikan program reguler STBI dan menggantinya dengan program pendidikan teologia ekstensi di daerah-daerah, namun pada bulan Juli1979 program reguler kampus dengan sistem asrama dibuka kembali.
Sama seperti halnya ITKI, STT Baptis juga berperan untuk menghilangkan pendapat bahwa mereka adalah orang yang tak berpendidikan. Dengan hadirnya STT ini, mereka membuktikan bahwa gerakan yang mereka anut (Fundamental) bukan hanya suatu gerakan radikal semata tanpa adanya alasan theologis.
Info lengkap, klik disini

8. Sekolah Tinggi Theologia Aletheia
Aliran: ---
Lokasi: Lawang, Jawa Timur
 Seiring dengan perkembangan pelayanan Gereja Kristus Tuhan, kebutuhan akan hamba Tuhan pun semakin meningkat. Kebutuhan ini sangat disadari oleh beberapa orang tokoh Gereja Kristus Tuhan antara lain Tua-Tua Koo Twan Tjhing, Liong Sing Ngien, Liem Boen Pin, Pdt. Joseph Tong dan yang lainnya. Mereka berpendapat bahwa sudah waktunya GKT memiliki sebuah lembaga pendidikan teologia. Harapan tersebut pada akhirnya bisa terwujud dalam Sidang Sinode GKT pada bulan Januari 1968 yang memutuskan untuk mendirikan sebuah Institut Alkitab sekaligus membentuk Panitia Persiapan Institut Alkitab GKT.
Setelah memakai nama “Institut Alkitab GKT” (Truth Bible Institute), maka pada tahun 1971 nama tersebut diubah menjadi “Institut Theologia Aletheia”. Perubahan nama tersebut dilakukan dengan pertimbangan agar lembaga pendidikan theologia ini bisa mengembangkan pelayanannya dan menjangkau gereja-gereja yang lebih luas.
Seiring dengan meningkatnya kegiatan di Institut Theologia Aletheia dan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa, maka keberadaan gedung ITA dirasa sudah tidak memadai lagi. Untuk itu dirasa perlu penambahan gedung dan ruangan dan dengan berkat Tuhan, ITA dapat menyewa sebuah rumah di Jl. Gawang Argo No. 3 Lawang untuk Asrama Putra dan membeli beberapa rumah di Jl. Argopuro No. 28 dan No. 30 Lawang.
Info lengkap, klik disini

9. STT Amanat Agung
Aliran: Protestan (Calvinis)
Lokasi: Kebun Jeruk, Jakarta

Terbeban oleh keinginan untuk menghasilkan pekerja-pekerja yang bermutu bagi pekerjaan penuaian di ladang Tuhan, maka sejak 1992 Majelis dan para Hamba Tuhan Gereja Kristus Jemaat Mangga Besar (GKJMB) Jakarta, sekarang Sinode Gereja Kristus Yesus, telah menggumuli kemungkinan-kemungkinan untuk mendirikan lembaga pendidikan teologi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Setelah 10 tahun pertama STTAA menggunakan gedung kampus di kompleks Green Ville C3/1, Jakarta Barat, mulai Agustus 2007 STTAA menempati kampus baru di Jalan Kedoya Raya No. 18, Jakarta Barat.
STTAA adalah lembaga pendidikan teologi yang bersifat interdenominasi, karena itu STTAA menerima mahasiswa dari berbagai denominasi gereja. STTAA telah menjadi anggota Perhimpunan Sekolah-sekolah Teologi di Indonesia(PERSETIA) dan Asia Theological Association(ATA).
Info lengkap, klik disini

10. STT Bandung
Aliran: Injili
Lokasi: Bandung
STT ini terletak di Jalan Dr. Junjunan No. 105 Bandung 40173, Indonesia dan berafiliasi dengan GII Hok Im Tong.
 Info lengkap, klik disini


11. STT SAPPI
Aliran: Protestan 
Lokasi:Puncak, Jawa Barat

Pada awal tahun 1993, Bapak Pdt. Yohan Candawasa, S.Th (saat itu beliau menjabat sebagai hamba Tuhan GKIm Ka Im Tong yang ditempatkan dalam Komisi Misi) mencetuskan visi di dalam pelayanan penginjilan secara holistik untuk menjangkau masyarakat pedesaan dan pedalaman di Indonesia. kemudian beliau bertemu dengan beberapa rekan dari Persekutuan Alumni Bogor (PAK) Bogor.  Sejak itu ada persepsid an beban yang sama di dalam menolong hamba-hamba Tuhan di pedesaan dan pedalaman, sehingga beban itu dilontarkan pada pengurus Komisi Misi GKIm Ka Im Tong (Bandung), yang saat itu ditanggapi oleh Bapak Peter Hidayat beserta rekan-rekan pengurus lainnya.Mulai Juni 2005, berdasarkan hasil keputusan rapat pengurus YMPD nama Sekolah Alkitab dan Pengembangan Pedesaan Indonesia diubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi Studi Alkitab untuk Pengembangan Pedesaan Indonesia (STT SAPPI).
Info lengkap, klik disini

13. STT HKBP
Aliran: Protestan (Lutheran)
Lokasi: Pematang Siantar, Sumatra Utara
STT-HKBP Pematangsiantar, berdiri pada tanggal 12 April 1978, sebagai lanjutan, atau yang memisahkan diri secara administratif dari Fakultas Theologia Universitas HKBP Nommensen, berdasarkan Keputusan Synode Agung Istimewa HKBP tahun 1978.

14.  Fakultas Teologi Univ. Kristen Satya Wacana
Aliran: Protestan
Lokasi: Salatiga, Jawa Tengah
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) semula lahir dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia (PTPG-KI). Diresmikan pada tanggal 30 November 1956 dengan lima jurusan, yaitu Pendidikan, Sejarah, Bahasa Inggris, Hukum, dan Ekonomi. PTPG-KI Satya Wacana berubah menjadi FKIP-KI pada tanggal 17 Juli 1959. Kemudian pada tanggal 5 Desember 1959 diresmikan menjadi Universitas Kristen Satya Wacana dengan kehadiran Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum yang kemudian diikuti dengan pembukaan beberapa Fakultas dan Program Studi baru.
Sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kini melewati usia emasnya, Satya Wacana yang berarti “Setia Kepada Firman Tuhan”, terus berkembang dan mendapat kepercayaan baik dari masyarakat maupun pemerintah.
Pada saat ini UKSW memiliki 56 Program Studi yang terdiri dari 4 Program Studi Diploma 3, 39 Program Studi Program Sarjana (S1), 10 Program Studi Program Magister (S2), dan 3 Program Studi Program Doktoral (S3).
Info lengkap, klik disini

15.  STT INTIM
Aliran: ---
Lokasi: Makasar, Sulawesi Selatan
Info lengkap, klik disini

16. Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon
Aliran: Protestan
Lokasi: Ambon
Asal mula berdirinya STAKPN Ambon diawali dengan adanya terobosan-terobosan baru dari para tokoh Kristen di Pemerintahan khususnya Ditjen Bimas Kristen terhadap kemungkinan yang selama 52 tahun Kemerdekaan Indonesia sangat tidak mungkin terwujud yaitu bagaimana Pemerintah secara arif dan bijaksana melayani dan mendukung secara adil semua organisasi keagamaan yang ada dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaannya. Salah satu terobosan itu adalah mendorong peningkatan status Akademi Pendidikan Guru Agama Kristen menjadi Sekolah Tinggi atau Institut Agama Kristen yang dikelola Pemerintah. Selain secara imania diyakini adanya penyertaan Tuhan, namun dengan semangat tinggi refarmasi maka usulan tersebut diterima Pemerintah yaitu mengintegrasikan Akademi Pendidikan Guru Agama Kristen Protestan Negeri menjadi Sekolah Tinggi Agama Kriten Protestan negeri dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden  Habibie Nomor 19 Tahun 1999, yang ditanda tangani pada tanggal 13 Maret 1999 atau tidak cukup satu tahun reformasi bergulir. Dengan KEPPRES 19 tahun 1999,ini, maka Menteri Agama menerapkan untuk pada tahap awal meningkatkan AKGAKPN Ambon dan Tarutung menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Prostestan negri masing-masing dengan KMA 85 tahun 1999, Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja STAKPN Tarutung., dan KMA 86 tahun 1999, tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja STAKPN Ambon. Sumber Daya untuk kebutuhan tenaga Pengajar saja Kepala Kanwil Dep Agama Provinsi Maluku terpaksa merekomendasikan para pegawai untuk dimutasikan dari Kanwil dan Kandepang Kota Ambon sebaagai Pegawai Administrasi dan Tenaga Pengajar pada APGAKPN  Ambon. Dengan demikian realitas bahwa belum tersedianya tenaga Dosen pada APGAKPN Ambon, sekaligus untuk memenuhi persyaratan formal Lembaga Pendidikan Tinggi termasuk STAKPN yang sementara digodok untuk diperjuangkan oleh para pemimpin Kristen yang dipelopori oleh jajaran Ditjen Bimas Kristen Protestan. APGAKPN Ambon tempo itu dipimpin oleh Drs. Listen Sirait selaku Direktur, dan R. Souhaly SH, Selaku Kepala Urusan Tata Usaha. Hanya dua jabatan ini yang terisi secara resmi, sementara jabatan lain semisal wakil direktur hanya ditentukan pelaksanaan tugas.  
Info lengkap, klik disini

17. STT ABDI SABDA
Aliran: ---
Lokasi: Medan, Sumatera Utara
Didorong oleh panggilan untuk memberitakan Injil Kristus dan kebutuhanakan tenaga pelayan, Gereja Gereformeerd Indonesia mengajak gereja-gereja di Sumatera Utara untuk menyelenggarakan sekolah formal untuk mendidik calon-calon Guru Injil dan Guru Agama Kristen, baik untuk bekerja di gereja maupun di sekolah-sekolah.
Ajakan Gereja Gereformeerd Indonesia (kemudian GKI- SUMUT) untuk maksud di atas disambut baik oleh beberapa gereja di Sumatera Utara antara lain GBKP, GKPS, dan BNKP. Keempat gereja tersebut sepakat untuk mendirikan Yayasan Pendidikan Petugas Gereja dengan tujuan untuk menyelenggarakan sekolah untuk mendidik petugas dan calon petugas gereja. Pada hari Jumat, 16 Agustus 1967 dilakukanlah penandatanganan akta pendirian Yayasan Abdi Sabda di depan notaris.

Seiring dengan perkembangan zaman, sekolah ini ditingkatkan menjadi Institut Theologia Abdi Sabda (ITAS) pada tahun 1983. Bukan hanya nama sekolah ini yang mengalami perubahan dan sekolah Guru Injil menjadi ITAS, pendukung sekolah ini juga bertambah yaitu HKI dan GKPA. Kedua gereja ini bergabung sejak tahun 1987. Pada tahun 1996 Institut Theologia Abdi Sabda Medan berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Theologia (STT) Abdi Sabda Medan.

Juga pada tahun 2006 Yayasan Abdi Sabda menerima Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) menjadi anggota pendukung. Dengan demikian bertambahlah gereja pendiri dan pendukung dan enam gereja menjadi tujuh gereja yaitu: GBKP, GKPS, GKI SUMUT, BNKP, HKI, GKPA, dan GKPI.
 
Info lengkap, klik disini

18. SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA ( STT) BERITA HIDUP
Aliran: --
Lokasi: Surakarta, Jawa TengahSekolah Tinggi Theologia (STT- Berita Hidup ) diselenggarakan oleh Yayasan Berita Hidup bekerjasama dengan Gereja Kristen Alkitab Indonesia (GKAI). GKAI didirikan pada tahun 1974 dan telah hadir di 23 propinsi di Indonesia. Alumni STT Berita Hidup menjadi perintis untuk GKAI.

Alamat: Jl. Solo-Kalioso, KM. 7 Surakarta, Telp./Fax (0271) 853244; PO BOX 247, SOLO; Email; sttb@indosat.net.id; marpasaribu@yahoo.com ; www. Sttberitahidup.ac.id
Program Studi:
1. Program Sarjana Pendidikan Agama Kristen (PAK)
2. Program Sarjana Teologi kependetaan (Teologi)
3. Program Magister Teologi program studi Kepemimpinan Kristen (KK)
4. Program Magister Pendidikan Agama Kristen (PAK)
5. Program studi S3 Doktoral

info lengkap klik disini


19. SEKOLAH TINGGI THEOLOGIA ( STT) JAFFRAY
Aliran: Injili
Lokasi: Makassar, Sulawesi Selatan
Lulusan: Paulus Daun
Sekolah Tinggi Theologia Jaffray pada mulanya bernama Sekolah Alkitab Makassar yang didirikan oleh Dr. Robert Alexander Jaffray (seorang Kanada) pada tahun 1932. Beliau adalah seorang misi The Christian and Missionary Alliance (C&MA)  yang didirikan oleh Dr. A. B. Simpson seorang pendeta Presbiterian yang kemudian mengadopsi semangat evangelikalisme dan pietisme.
     Dr. Jaffray pada mulanya mengabdikan dirinya selama 32 tahun di China bagian Selatan yaitu Provinsi Guang Xi.  Pelayanan dari China pun meluas sampai ke Indo China (Vietnam). Kemudian hatinya terbeban akan pelayanan di Asia Tenggara setelah mendapat satu visi tentang perlunya dia datang ke daerah jajahan Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Dia mendaratkan kakinya pertama bulan Februari tahun 1928 di Samarinda Kalimantan Timur dan sejak itu dia mulai merencanakan untuk membuka pelayanan di Indonesia.
    Pada tahun 1932 dengan dibantu oleh mantan siswanya dari Tiongkok membentuk badan misi bernama Chinese Foreign Mission Union (CFMU) yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Leland Wang membuka Sekolah Alkitab Makassar. Tujuannya adalah untuk membantu mempersiapkan pengerja-pengerja nasional untuk  pengembangan pelayanan di Indonesia, terutama di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali dan Nusa Tenggara. Dia juga mendirikan penerbit Kalam Hidup di Makassar yang bergerak di bidang penerbitan, majalah dan radio (saat ini Kalam Hidup berpusat di Bandung).
     Tahun 1959, Sekolah Alkitab Makassar berubah nama menjadi Jaffray Bible College untuk mengenang sang pendiri. Level penerimaan siswa pun berubah menjadi level SMA atau STA dari yang sebelumnya siswa setingkat SMP pun diterima. Dan pada tahun 1975, STTJ terdaftar di Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan hanya menerima tamatan SMA sederajat.
     Saat ini STT Jaffray yang berada di jantung kota Makassar di atas tanah seluas 10.141 m2, memiliki 460 mahasiswa (S1 dan S2) dari berbagai denominasi gereja yang ada di Indonesia, khususnya Indonesia Timur.  Sekolah ini ada dibawah naungan Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) yang adalah anggota PGI dan PGLII, namun sekolah ini bersifat interdenominasi. Saat ini ada lebih kurang 40 denominasi gereja mahasiswa yang terwakili.
      Di samping GKII, STT Jaffray juga didukung secara lembaga maupun dana oleh gereja-gereja di bawah naungan eks-CFMU secara khusus Gereja Kebangunan Kalam Allah, GPMII, Sinode Gereja Kristus Yesus (GKY), Gereja Hok Im Tong Bandung, dan lembaga-lembaga lainnya.
     STT Jaffray telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Depdiknas RI dan berada di bawah naungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan juga berada di bawah naungan Kementrian Agama RI.  Untuk program pascasarjana (S2 dan S3), STT Jaffray mendapat izin penyelenggaraan dan akreditasi dari Kemenag RI.
Info lengkap klik disini


20. Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) Fakultas Teologi
Aliran: Protestan
Lokasi: Tomohon, Sulawesi Utara

Jurusan: Teologi Kristen Protestan dan Pendidikan Agama Kristen (PAK)
Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dalam perkembangannya telah menelusuri sejarah yang panjang, dimulai ketika Sekolah Pembantu Penginjilan didirikan pada 1 November 1868. Hingga tahun 1886, sekolah ini kemudian menjadi cikal bakal berdirinya School tot Opleiding van Inlandse Leeraaren (STOVIL). Masa pendudukan Jepang kala itu dan situasi pasca Perang Dunia II mengakibatkan proses belajar-mengajar di STOVIL terhenti.Kevakuman kegiatan pendidikan Teologi ternyata menjadi perhatian Ds. A.Z.R Wenas yang kala itu menjabat Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) beserta seluruh jajarannya, hingga melahirkan keputusan pendirian Perguruan Tinggi Theologia (PPTh) di Tomohon pada 7 Oktober 1962. Inilah tanggal yang kemudian dijadikan momen bersejarah berdirinya Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia Tomohon. Prestasi membanggakan yang diraih tokoh-tokoh GMIM atas berdirinya PPTh, menjadi motivasi awal untuk memperluas orientasi penyelenggaraan keilmuan dan program studi. Hingga tepat tanggal 19 Oktober 1964 disepakatilah pendirian Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) dengan menunjuk Prof. S.J Warouw sebagai Rektor. Ketika itu UKIT memiliki empat fakultas, yaitu: Fakultas Teologia, Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA), Fakultas Psikologi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP). Penahbisan UKIT untuk beroperasi secara resmi dilakukan di Gereja Sion 20 Februari 1965. Sebuah lembaga yang ditunjuk untuk melayani kegiatan operasional UKIT pada awal berdirinya adalah Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) dengan Akta Notaris B.A Lomban Nomor 9 tertanggal 12 juli 1965, mengalami perubahan dengan Akta Notaris R.H Hardasa Putra, SH Nomor 51 tanggal 28 Maret 1989 dan nomor 50 tanggal 26 Mei 1990.Catatan perkembangan lainnya mengurai bahwa UKIT pernah menyelenggarakan Program Studi Kedokteran Umum, Program Studi Kedokteran Hewan dan Program Studi Kesehatan Masyarakat. Langkah UKIT mengalihstatuskan mahasiswa dari ketiga program studi tersebut dilakukan oleh karena pencapaian standar penyelenggaraan keilmuan yang terbatas. Sementara penyelenggaraan beberapa program studi lainnya di Fakultas masing-masing tetap dilaksanakan, seperti: Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum, Dan Fakultas Teologi.
Untuk Info: Klik Disini

21. HARVEST INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY
Aliran: Kharismatik
Lokasi: Karawaci, Banten 
Lulusan: Ivan Tanudjaja, Aristo Purboadji
HITS merupakan sekolah tinggi teologi yang berada dalam pembinaan dan pengelolaan Yayasan Tuaian Dunia serta secara akademis oleh Dirjen Bimas (Kristen) Protestan, Departemen Agama Republik Indonesia, selain diasuh oleh Gereja Injili Seutuh Indonesia (GISI). Sejak Berdiri hingga saat ini, pendiri dan ketua dari HITS adalah DR. Jimmy B. Oentoro

HITS didirikan pada tanggal 10 Mei 1993 dan dalam kedudukannya sebagai sekolah tinggi yang mandiri, HITS merupakan bagian dari system pendidikan nasional, yang berasaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam bermasyarakat dan bernegara, yang bertujuan meyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan, dan ketrampilan dalam pengembangan/penyebaran ilmu teologia serta mengupayakan penggunaannya bagi gereja, masyarakat bangsa dan Negara 

HITS menawarkan program pendidikan Sarjana untuk bidang studi Teologia, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gerejawi, dan program pendidikan Pasca Sarjana dan Doctoral dibidang Kepemimpinan dan Transformasi, serta program Harvest International Curriculum (HIC) merupakan suatu program kerjasama dengan gereja-gereja dan lembaga gerejawi dalam membina & memperlengkapi kaum awam untuk pelayanan gereja. 
Info lengkap klik disini


22. STT Tiranus
Aliran: --
Lokasi: Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Lulusan: Karel Sosipater
Saya tidak menemukan informasi lebih dalam mengenai STT ini, namun saya pernah melihat STT ini ketika saya berkunjung ke Bandung, seingat saya kampusnya berada di daerah Cimahi. 
Untuk rekan-rekan yang bisa menambahkan info, silahkan ditambahkan.

Info lengkap klik disini






23. Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) Malang
Aliran: --
Lokasi: Malang, Jawa Timur
Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) berdiri atas dukungan Yayasan Pekabaran Injil Nusantara (PINTA), yang bekerja sama dengan OMS Internasional bertempat di Malang, Jawa Timur. STAN berdiri pada bulan Maret 1975, bertempat di Jln. Retawu no. 4 Malang dengan nama PUSAT LATIHAN THEOLOGIA NUSANTARA (PLTN) yang memiliki program kuliah 3 tahun. Kemudian program kuliah ini ditambah 1 tahun untuk tugas praktek.
Pada tahun 1977 kampus STAN pindah ke Jln. Guntur no. 27 Malang dan nama sekolah diubah menjadi Seminari Alkitab Nusantara (SAN) dengan program pendidikan 5 tahun, yaitu 4 tahun kuliah akademis, dan 1 tahun tugas praktek. Pada tahun 1980, kampus SAN pindah ke Jln. Bengawan Solo no. 20 Malang, sampai awal tahun 1984. Sejak tanggal 25 Pebruari 1984, SAN telah menempati kampus permanen yang berlokasi di Jln. Bandulan Barat 332, Kec. Sukun, Malang, yang diresmikan oleh Bapak Bupati Kepala Daerah Tingkat II Malang.
Pada tahun 1985 program pendidikan di SAN ditingkatkan ke program gelar Sarjana Muda Theologia (Sm. Th.) dan pada tahun 1986 SAN mendapat pengakuan dari Asia Theological Association (ATA) untuk program Bachelor of Theology (BTh.). Dan tahun 1991 program pendidikan ditingkatkan ke program Sarjana Theologia (S.Th.) dan melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen Protestan Departemen Agama Republik Indonesia no. 14 tahun 1991, SAN telah diakreditasi sebagai Sekolah Tinggi Theologia yang menyelenggarakan program Sarjana Theologia Strata 1 (S-1), dengan status Terdaftar.
Info lengkap klik disini





Berikut ini, saya juga mencantumkan daftar nomor telpon STT yang ada di Jakarta dan sekitarnya
DAFTAR NOMOR TELPON SEKOLAH TINGGI TEOLOGI DI JAKARTA
STII --Jogja di Jakarta-- 532.7651***
STT Amanat Agung -- 5835.7684-88****
STT Apollos -- 829.4977**
STT Apostolos -- 5870839**
STT Arastamar -- 800.5280***
Asia Institute Theologi -- 385.3372/380.5181/82**
STT Baptis -- 563.0362**
STT Cibinong -- 899.32162
STT TIberias jur.Kepemimpinan -- 6386.4588***
STT Ekklesia -- 350.4957**
STT Graphe -- 651.8586/6471.4156**
STT Gratia -- 84990042*
STT GRII -- 7943715 ***
STT Harvest -- 546.1091***
STT Iman -- 725.3446*
STT Jaffray -- 857.0985***
STT Jakarta -- 390.4237 ****
STT Ketapang -->Cianjur -- 633.1867**
STT Lets -- 567.9384*
STT Lintas Budaya -- 45845975/78***
STT Siloam -- 8515771/8096194 (not recomended)
STT Sunsugos -- 43932772*
STT Tiberias jur. Misi -- 63858505**
STT Bethel The Way -- 56957831**
Institut Pelita Bangsa --3855218*
Institut Theologi Rempoa -749.5754 (not recomended)
ITKI -- 5344979/53679464***

20 komentar:

Unknown mengatakan...

Sedikit masukan STT Ambon (sekarang Fakultas Teologi UKIM : Universitas Kristen Indonesia Maluku) juga merupakan salah satu yang terbaik dan yang tertua di Indonesia

Blogger mengatakan...

Terina kasih pak Karl Frits untuk masukkannya. Apakah STT Ambon berbeda dgn STAKPN? Kl beda, bolehkah saya diberikan keterangan mengenai sejarah serta para alumninya yg saat ini cukup dikenal jemaat gereja di indonesia, supaya saya bisa masukkan dalam daftr ini.

Arthur Simanungkalit mengatakan...

STAKPN TARUTUNG JUGA BAGUS

Jehape mengatakan...

Diantara Sekolah Tinggi Teologia yg diuraikan di atas, yg mana saja yg berstatus Negeri?

Unknown mengatakan...

Maaf sedikit pertanyaan apakah STT JAKARTA beda aliran ajarannya sama STT PELITA DUNIA yang baru brusia sekitar 2 tahun
?

Yosaphat Ramba mengatakan...

Yang namanya STAKPN atau STAKN itu yg negeri

victor touwely mengatakan...

Untuk informasi pak. UKIM adalah sekolah teologi satu-satunya yang ada di Maluku, yang muncul hampir bersamaan dengan UKSW, UKITOMOHON, UKDW tetapi yang ada dalam daftar ini kebanyakan adalah sekolah teologi aliran pak

Unknown mengatakan...

numpang info : Ujian Negara hanya dilakukan oleh Kementrian Agama RI up. Ditjen Bimas Kristen - Ujian Negara terakhir Ditjen Bimas Kristen pada Tahun 1998. setelah tahun 1999 ujian Penandasahkan Negara sd, 2016. jadi yag tercatat menjadi salah satu alasan penilaian adalah ujian negara thn.2014 barang kali kurang tepat. mungkin yang perlu sebagai salah satu dasar/acuan penilaian PTT yang bermutu adalah berdasarkan UU RI No.12 tahun 2012 tentang Pendididkan Tinggi atau PTT yang telah mendapat PIP dari Ditjen Bimas Kristen dan PRODI (program studi) Telah terakreditasi minimal B. dan Institusi telah terakreditasi.dan tdk membuat ranking.
Perguruan Tinggi Agama Kristen Negari disebut STAKN (Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri) yg ada STAKN Tarutung - STAKN Manado - STAKN Kupang - STAKN Ambon - STAKN Sentani - STAKN Palangkaraya - STAKN Toraja. - Binaan Kementrian Agama.
PTT ada dua binaan : Binaan Kementrian Agama dan Kementrian Ristek-DIKTI (UU RI No.12 Thn 2012 TTg PT - Psl 7.3e dan Psl.7. 4).
From : Jimmy Lumintang - STT IKAT di Jakarta.

Blogger mengatakan...

Info yg sangat menarik

admin mengatakan...

Tambahan STT Lutheran Yogyakarta terdaftar di bimas kristen , biaya free (kuliah,asrama,uang makan), biaya ditanggung oleh WELS ( wisconsin evangelical lutheran synod )

Https://wels.net

Https://gerejalutheranindonesia.org

Pdt. Dr. Rainer Scheunemann mengatakan...

Mohon maaf, tetapi pencatatan sejarah lahirnya Institut Injil Indonesia perlu diperbaiki karena jelas kurang tepat. I.I.I. lahir tahun 1959 dengan didirikan oleh Pdt. Heini Germann-Edey dan Pdt. Detmar Scheunemann (sekaligus pengajar-pengajar pertama)bersama dengan beberapa mahasiswa pertama seperti Pdt. Djami Radja dan Pdt. Umbu Dandra. Sedangkan Pdt.Petrus Octavianus masuk sebagai mahasiswa di angkatan kedua dan kemudian di tahun 19611 menjadi Ketua Yayasan I.I.I.
Dalam kegerakan penginjilan secara besar-besaran, yang oleh kasih karunia Allah yang ajaib boleh terjadi di Indonesia, YPPII dan III dan juga tentu Pdt. Petrus Ocavianus bersama dengan rekan-rekan lainya boleh dipakai oleh Tuhan sebagai alat-alatNYa. Salam hormat! Pdt. Dr. Rainer Scheunemann, Dosen STT GKI I.S. Kijne", Jayapura dan Pendeta GKI di Tanah Papua serta Koordinator Pengajaran Sekolah Alkitab Malam GKI Di Tanah Papua (program 1 tahun) yang telah menyelesaikan 89 angkatan dan 2531 lulusan.

Blogger mengatakan...

Yg saya hormati pak Prof. Rainer, terima kasih banyak untuk masukkan dan revisinya. Dan akan saya revisi dalam waktu dekat.

Doa saya Prof. Rainer sehat selalu dan diberkati Tuhan. Bersama seluruh keluarga.

Salam hormat dari saya.

Unknown mengatakan...

Fakultas Theology UKIM Ambon, jauh lebih tua dan berpengaruh dari STAKPN. Alumninya sdh menyebar di seluruh Indonesia dalam banyak gereja namun lbh banyak di GPM. Beberapa diantaranya adalah Sekum PGI dan ketua2 di PGI. Admin perlu menyusun ulang daftar itu lagi sbb msh belum obyektif

Harga Paket Telkomsel mengatakan...

Thanks Infonya....

Anonim mengatakan...

Mohon infonya,apakah ada STT d daerah Cibubur?tks

Unknown mengatakan...

Pilihan tempat Retreat Murah diMegamendung
villa dan bungalow
Megamendung Resort
www.megamendungresort.com
0812.9908.9516 / wa : 0817.696.7501

Unknown mengatakan...

Sekedar masulan, STT Aletheia beraliran Reformed.. Thank you 👍

Blogger mengatakan...

Terimakasih masukkan nya, TUHAN YESUS MEMBERKATI

Unknown mengatakan...

STT SALEM masuk aliran mana nic??

Unknown mengatakan...

REFORMASI/REFORMED doktrin kayak GKI