Rabu, 10 Desember 2014

DAFTAR SEKOLAH KRISTEN TERBAIK DI INDONESIA. BPK PENABUR vs ST. URSULA vs ALOYSIUS

Berikut adalah daftar sekolah Kristen dan Katolik terbaik yang ada di Indonesia. Kriteria yang diambil bukan hanya dari kualitas yang menyangkut (materi pendidikan ataupun siswa-siswi yang mampu berprestasi di Olimpiade) tetapi juga dari sisi kuantitas dan juga management sekolah tersebut. 

Namun untuk mempermudah, anggaplah ini merupakan daftar sekolah Kristen dan Katolik terbaik versi saya. Dan berikut adalah daftarnya:


1.            SMU KRISTEN I PENABUR
SMAK 1 Penabur
Sejarah Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR tidak dapat dilepaskan dari sejarah Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat yang sudah ada sejak zaman Belanda. Saat bersejarah yang penting dicatat ialah 19 Juli 1950 sebagai lahirnya Badan Pendidikan Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee Khu Hwee Djawa Barat (selanjutnya disingkat BP THKTKHKH Jabar) berdasarkan Akte Notaris H.J.J. Lamers di Bandung yang diwakili oleh calon Notaris Tan Eng Kiam.
Pada awalnya sekolah ini terletak di Jl. Pintu Air 1, Jakarta Pusat. Namanya pun waktu itu lebih dikenal sebagai SMA Pintu Air, yang menyelenggarakan aktivitas belajar-mengajar pada pagi hari. 
Sekolah ini juga memiliki beberapa program eksklusif seperti:
- Bilingual: Program belajar menggunakan dua bahasa
- International: Program belajar kurikulum Cambridge
- Brilliant: Program khusus siswa berbakat intelektual tinggi
Prestasi yang pernah dicapai antara lain: Medali Emas di Olimpiade Biologi Internasional, Olimpiade Fisika Internasional, dan lainnya.

2.            SMU KRISTEN 3 PENABUR
3.            SMU SANTA URSULA
Sejak tahun 1857 Suster-suster Ursulin mulai berkarya di Indonesia dengan lokasi di jalan Juanda. Dua tahun kemudian mereka memperluas pengabdiannya di Jalan Pos. No. 2, Jakarta. Karya Pendidikan di Sekolah merupakan bidang keraasulan yang utama. Selain itu mereka mengembangkan bentuk pengabdian lain, diantaranya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kerja sama di bidang pastoral.

Berdasarkan hasil ujian nasional, SMA Santa Ursula, Jalan Pos, Jakarta Pusat, tahun ajaran 2008/2009 berhasil menyapu bersih semua jurusan (IPA, IPS dan Bahasa) dan menjadi yang terbaik, sebagai peringkat pertama di DKI Jakarta.  



4.            SMU ALOYSIUS 1 BANDUNG
SMU Aloysius adalah SMU terbaik di Jawa Barat. Sekolah ini adalah bagian dari sekolah yang didirikan oleh Pastor dari Belanda tahun 1860-an di Surabaya.
"TOP", adalah motto dari sekolah ini yang merupakan singkatan dari "Tot Onze Plezier"(Untuk Kesenangan kami) untukmencerminkan semangat pemikiran bebas dari pendirinya, dan disesuaikan dengan "Taruna Ogha Pravritti", sebuah ungkapan bahasa Sansekerta yang berarti "Pemuda Akan bertahan". Walaupun berlatar belakang Katolik, namun sekolah ini terbuka untuk mahasiswa dari semua agama.



5.            SMU KRISTEN BPK 1 PNB BANDUNG
         6.            SMU ST. URSULA II

7.            SMU KRISTEN 5 BPK PENABUR
8.            SMU ST ANGELA BANDUNG
SMA Santa Angela Bandung merupakan salah satu sekolah di Bandung yang didirikan pada tahun 27 Februari 1951 dengan nama SMA SANTA ANGELA
Sekolah ini memperoleh akreditasi tertinggi untuk sekolah menengah swasta pada 1985 yang mampu dipertahankannya hingga hari ini. Sekolah ini berdiri pertama kali ketika Agustine Philipsen dari Noordwijk memberli rumah dekat Gereja Putih untuk membuka SD tahun 1905.


9.            SMU KANISIUS
Kolese Kanisius (Inggris: Canisius College, Latin: Collegium Canisianum), atau yang lebih dikenal dengan akronim CC ([sésé]), adalah lembaga pendidikan bernapaskan iman Katolikyang didirikan pada tanggal 1 Juni 1927, dengan seorang rohaniwan Yesuit, Pater Dr. J. Kurris SJ, sebagai direktur Kolese Kanisius yang pertama. Hingga kini Kolese Kanisius dikenal sebagai lembaga pendidikan khusus laki-laki. Nama Kanisius diambil dari santo pelindung sekolah, Santo Petrus Kanisius (1521-1597). Kolese Kanisius memiliki semangat dasar yaitu 3C: CompetenceCompassion, dan Conscience. (diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Kolese_Kanisius)
Beberapa prestasi akademik:Memperoleh emas pada Olimpiade Sains Nasional, anggota dari Tim Olimpiade Fisika Indonesia, dan lainnya.
Beberapa lulusan Kanisius yang dikenal masyarakat umum antara lain: Ade Rai (Binaragawan), Adi Nugroho (Presenter), Fauzi Bowo dan Wiyogo Atmodarminto (Gubernur DKI Jaya), Ginandjar Kartasasmita (Ketua DPD-MPR RI), Indra Birowo (komedian), Soe Hok Gie (aktivis pada masa Orde Lama).

10.          SMU DON BOSCO II
Don Bosco II terletak di Jalan Pulo Mas Barat V, RW. 012, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jakarta. Gedung sekolah ini terletak di tengah pemukiman penduduk kawasan Pulo Mas dan dapat diakses dari beberapa jalan arteri di Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat.


11.          SMU SANG TIMUR
12.          SMU Kolese Loyola
Kolese Loyola (Loyola College atau yang lebih dikenal dengan akronim LC [élsi]) adalah sebuah lembaga pendidikan bernafaskan iman Katolik yang dijalankan oleh Serikat Yesus. Kolese Loyola berlokasi di Semarang. Nama Loyola diambil dari nama santo pelindung sekolah, Santo Ignatius Loyola (1491-1556).

13.          SMU KRISTEN BARANA TANAH TORAJA
SMU Barana Toraja
Barana’ adalah nama sebuah desa di Toraja yang mempunyai peranan penting dalam pengembangan kepemimpinan gereja dan masyarakat Toraja. Tempat ini dipilih oleh utusan zending Gereformeerde Zendings Bond (GZB) menjadi rumah kediaman Pdt. J. Belksma yang tiba di Tana Toraja pada tahun 1916. Beliau mendirikan Sekolah Guru (Normal School) tahun 1948 di mana generasi pertama guru-guru di Tana Toraja dididik dan dipersiapkan. Selanjutnya menjadi Sekolah Guru Bawah (SGB) Kristen tahun 1951 dan disusul Pembukaan Sekolah Guru Atas (SGA) Kristen di Rantepao tahun 1952 .
Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan menetapkan SMA Kristen Barana’ sebagai salah satu sekolah unggulan. Tahun 2006 dengan Surat Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 802.a/C4/MN/2006 SMA Kristen Barana’ diproyeksikan menjadi salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dari 100 sekolah yang ada di Indonesia.


14.          SMU TRINITAS BANDUNG
Yayasan Penyelenggaraan Ilahi (YPI) sebagai penyelenggara dan pengelola sekolah-sekolah yang dirintis oleh Suster-suster Penyelenggaraan Ilahi (PI). Kedatangan dan misi para Suster PI di Indonesia dimulai di Bumi Parahyangan, tepatnya di kota Bandung. Tujuh Suster PI pertama datang dari Belanda ke Indonesia pada tanggal 26 April 1934 atas permintaan Uskup Bandung saat itu, Mgr. Goumans. Bapak Uskup memerlukan bantuan Suster PI untuk menangani pendidikan anak-anak Tionghoa di keuskupannya yang belum mendapat kesempatan belajar.
Saat ini, SMA Trinitas memiliki 18 kelas yang terbagi setiap jenjangnya menjadi 6 kelas paralel.


15.          SMU SANTA THERESIA
16.          SMU FONS VITAE I
SMA Fonsvitae adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang didirikan oleh Yayasan Marsudirini, dan dikelola olehsuster-suster Santo Fransiskus Semarang (OSF).
SMA Fonsvitae 1 berdiri dan memulai kegiatan belajar-mengajar pada tanggal 29 Juli 1959 dengan Sr. M. Suitbertha sebagai Kepala Sekolah yang pertama. Dengan usaha para pendiri yaitu kepala sekolah dan para guru, akhirnya SMA Fonsvitae 1 memperoleh Piagam Pengakuan dari Pemerintah yang menyatakan bahwa SMA Fonsvitae 1 diakui sebagai sekolah swasta yang sah, diterima pada tanggal 1 September 1961 dengan nama "SMA ABC Fons Vitae". SMA Fonsvitae 1 semula didirikan sebagai sekolah khusus putri, tetapi sejak tahun 1975 diubah menjadi sekolah seperti pada umumnya. 



17.          SMU K KALAM KUDUS 2
18.          SMU KRISTEN KARUNIA
19.          SMU ALOYSIUS 2 BANDUNG
20.          SMU KRISTEN 4 PENABUR
21.               SMU KRISTEN BINA BAKTI 2 BANDUNG

2 komentar:

Anonim mengatakan...

setelah membaca tulisan di web ini saya menyarankan untuk terus diupdate.

sangat informatif sekali buat saya dan mungkin juga pengunjung lainnya
Salam, jasa pengurusan PT di Semarang

PENULIS mengatakan...

Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta https://skkksurakarta.sch.id