Jumat, 07 Januari 2011

DAFTAR DENOMINASI TERBESAR DUNIA.Katolik Roma adalah Agama terbesar dunia?

KATHOLIK – 1,2 Miliar
Awalnya, jemaat Kristen berada di bawah kepemimpinan besar lima daerah, yaitu Yerusalem, Antiokia, Aleksandria, Konstantinopel, dan Roma. Uskup Roma dikenal oleh 5 daerah tersebut sebagai "yang pertama", permasalahan dengan doktrin dan prosedur seringkali harus mengacu dan menunggu keputusan dari Roma. Kursi Roma merupakan kursi dari suksesor Santo Petrus yang mendapat julukan "Pangeran Para Rasul" sebagai tanda persatuan Gereja

-          Roma Katholik (Ritus Latin) – 1,154 miliar
Kata Roma diatributkan pada Gereja ini karena Gereja Katolik mengimani Paus yang berkedudukan di kota Roma, Italia sebagai kepala gereja yang kelihatan, wakil Yesus Kristus di bumi, yang merupakan kepala utama gereja yang tak kelihatan. Paus adalah penerus Petrus turun temurun yang tidak terputuskan. Menurut tradisi gereja, Petrus menjadi uskup Roma dan menjadi martir di sana. Gereja Katolik dengan penambahan kata Roma sendiri sebenarnya tidak pernah menjadi nama resmi yang digunakan oleh Gereja Katolik.

-          Gereja Katolik Timur – 17,1 juta
o   Aleksandria – 380 ribu
Gereja ini terdiri dari Gereja Ethiopia dan Gereja Koptik di Mesir
o   Anthiokia – 3,77 juta
o   Armenian – 540 ribu
o   Chaldean – 1,05 juta
Gereja ini berpusat di Siria (Suriah) bagian Timur. Perpecahannya dengan Gereja Roma terjadi ketika terjadi Konsili di Efesus tahun 431 dimana mereka menolak sifat ke-Illahian Maria.
o   Bizantium (Konstantinopel) – 16,12 juta
Golongan ini terdiri dari Gereja yang ada di Ukraina, Hungaria, Rumania, Slowakia, Belarusia, Bulgaria, Albania, Georgia, Rusia, dan Yunani.


Uskup Gereja Ortodoks Yunani
ORTODOKS (Sering disebut Katholik Ortodoks) – 310 juta
Gereja ini berpisah dengan Roma ketika pada Abad ke-11 yang kemudian dikenal dengan peristiwa “Skisma Gereja Timur dan Barat”. Gereja ini sendiri merupakan Gereja resmi dan di beberapa Negara, gereja in imerupakan mayoritas: Belarusia (85%), Bulgaria (83%), Siprus (80%), Georgia (89%), Yunani (95%), Moldova (98%), Montenegro (74%), Romania (87%), Serbia (84%), Rusia (80%) Makedonia (65%) dan Ukraina (80%).
Gereja Ortodoks berbeda dengan gereja Katholik Ritus Timur. Namun seringkali orang salah memahami dan menggabungkannya dengna Gereja Katholik. Usia gereja ini hamper sama dengan usia keKristenan itu sendiri. Mereka menolak untuk menggabungkan diri di bawah pimpinan Paus karena saat itu mereka tidak ingin gereja ini berada di bawah pengaruh kekaisaran Roma.
Gereja Ortodoks terbesar saat ini yaitu:
Ortodoks Rusia – 125 juta
Romania – 18 juta
Serbia -15 juta
Yunani – 11 juta


PROTESTAN – 370  juta
Denominasi ini muncul setelah protesMartin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalil nya. Kata Protestan sendiri diaplikasikan kepada umat Kristen yang menolak ajaran maupun otoritas Gereja Katolik (protestation –tukan protes), tapi kaum Protestan malah berkata bahwa kata Protestan itu merupakan terjemahan dari kata pro testanum (Pro kepada perjanjian Allah- ditujukan kepada doktrin keselamatan karena kasih karunia).

-          Lutheran – 137 juta
Ajaran khas Martin Luther yang seringkali juga diakui sebagai ciri khas ajaran Reformasi disimpulkan dalam tiga sola, yaitu sola fide, sola gratia, dan sola scriptura, yang berarti "hanya iman", "hanya anugerah", dan "hanya Kitab Suci". Maksudnya, Luther menyatakan bahwa keselamatan manusia hanya diperoleh karena imannya kepada karya anugerah Allah yang dikerjakannya melalui Yesus Kristus, sebagaimana yang disaksikan oleh Kitab Suci. 

Reformed (Calvinis) - 125 juta
Gereja Reformed atau Calvinisme adalah gereja yang bertumpu kepada doktrin dari Calvin yang bernama TULIP: Total depravity (Kerusakan total); Unconditional election (Pemilihan tanpa syarat); Limited atonement (Penebusan terbatas); Irresistible grace (Anugerah yang tidak dapat ditolak); Perseverance of the saints (Ketekunan orang-orang kudus).
Gereja Reformed terdiri dari beberapa bentuk gereja seperti: Presbiterian, Injili serta Konregasional.

-          Anabaptis dan Gerakan Persaudaraan – 5 juta
      Gereja ini adalah gereja yang masih mempertahankan gerakan Anabaptis yang masih kaku dan berbeda dengan gerakan Baptis walaupun memiliki akar yang sama. Ciri anggota gereja ini sangat kuno dan banyak juga yang masih anti-teknologi. Bahkan jemaat di Amerika yang menamakan diri suku Amish masih menggunakan kereta kuda dan anti alat elektronik termasuk lampu. Selain Amish, gerakan ini juga meliputi: Persaudaraan Plymouth, Persaudaraan Moravia (Moravian Brethren), dan Menonit.  


PENTAKOSTA DAN KARISMATIK – 274 JUTA
Dapat dipastikan bahwa gereja ini terbentuk didasari atas doktrin mengenai karunia khususnya mengenai bahasa lidah. Hal ini akhirnya mempengaruhi tata dan gaya ibadah aliran ini. Walaupun dalam masalah doktrin keselamatan gerakan ini terbagi menjadi dua bagian: Gerakan Kekudusan (seperti gereja Baptis) namun sebagian tetap percaya Kasih Karunia ala Luther (seperti gereja Andrew Wommack, Joseph Prince di Singapura dan Aristo Purboaji di Indonesia).

-          Pentakosta -130 juta
      Hampir sama seperti gerakan Baptis, gereja ini juga pada mulanya dianggap seperti gereja orang kulit hitam. Karena gaya ibadahnya yang meledak-ledak maka pada mulanya sangat jarang orang berkulit putih yang ingin beribadah di tempat ini.
     Gereja “Assemblies of God” adalah gereja dengan jemaat terbanyak untuk kalangan Pentakosta. Di Indonesia, gereja ini disebut “Gereja Sidang Jemaat Allah” (GSJA).

-          Karismatik – 80 juta
Awalnya gerakan ini tercipta untuk menjembatani orang Amerikan berkulit putih yang ingin beribadah dengan gaya Pentakosta. Gerakan ini pada mulanya adalah gerakan non-denominasi yang pada akhirnya tanpa sadar menjelma menjadi denominasi tersendiri.

-         Gerakan Penginjilan yang belum tergabung dengan sinode dan gereja setempat – 4 juta

Ibadah Gereja Afrika
-         Gereja Kebangunan Rohani di Afrika – 40 juta
      Gerakan kebangunan rohani sudah lama terjadi di Afrika sejak zaman David Livingstone. Saat ini ada beberapa Penginjil besar yang menghabiskan waktunya dalam penginjilan di Afrika seperti Reinhard Bonnke, Chris Oyakhilome, serta Gembala Gereja terbesar di Afrika Pastor David Oyedepo.


BAPTIS – 105 juta
Martin Luther King, Pengkhotbah Gereja Baptis
Gerakan Baptis sangat popular di Amerika, khususnya gereja “Southern Baptist” dan juga "First Baptist Church" yang sering dicibir sebagai gereja hitam karena dulunya gereja ini mayoritas jemaatnya adalah orang kulit hitam. Namun sampai saat ini, gerakan Baptis adalah denominasi terbesar di Amerika Serikat yang jumlahnya menyamai pemeluk Katholik Roma.
Karena doktrin mereka menekankan kepada kekudusan hidup, itu sebabnya mereka adalah Aliran yang paling rajin dalam mengadakan penginjilan dalam 2 abad terakhir ini. Itu juga yang menyebabkan ada banyak pengkhotbah ternama yang lahir dari aliran ini mulai dari Adoniram Judson, “sang legenda” Billy Graham sampai kepada pengkhotbah favorit saya, Charles Adams (pendeta berkulit hitam).


ANGLIKAN – 82 juta
Perpecahan antara Gereja Katholik Roma dengan gereja Katholik Inggris terjadi ketika Raja Henry VIII dari Inggris memisahkan seluruh gereja-gereja di kerajaannya dari persekutuan dengan Paus karena permintaannya untuk menikah kedua kalinya sementara istri pertamanya masih hidup ditolak. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai Gereja Anglikan Inggris.
Gereja Anglikan sebenarnya adalah Gereja yang masih sama dengan gereja Katholik hanya saja mereka tidak berpusat kepada kepemimpinan Paus tetapi kepada Uskup Inggris. Anglikan atau sering disebut Gereja Inggris  adalah gereja resmi Kerajaan Inggris dan banyak tersebar di Negara jajahan Inggris. Di Jakarta sendiri, gereja ini terdapat di seberang Hotel Aryaduta s (Tugu Tani) dan dilayani dalam bahasa Inggris (All Saint Anglican Church).


Wesley Brothers, pelopor Methodis
METHODIS – 75 juta
Secara teologis, Gereja Methodis mengikuti garis teologi yang dikembangkan oleh John Wesley yang mengikuti pandangan Arminian (Jacobus Arminius) dalam hal Urutan Proses Keselamatan (Ordo Salutis).  Gerakan ini sebenarnya hampir mirip dengan gerakan atau gereja Baptis namun gereja ini sebenarnya adalah bentuk reformasi dalam Gereja Anglikan. Itu sebabnya aliran ini berkembang di beberapa negara jajahan Inggrris yang memang memiliki jumlah pemeluk atau jemaat Anglikan yang besar. Di Amerika Serikat sendiri, Metodis adalah denominasi Protestan terbesar kedua setelah Baptis.


ADVENT – 17 juta
Perkembangan jemaat Advent juga cukup baik karena mereka termasuk gerakan yang sangat rajin menginjil. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa tanggapan miring serta anggapan yang berkembang bahwa gereja Advent hanya berani menginjil kepada sesame orang Kristen. Anda bisa klik disini.
Perkembangan jemaat ini disebabkan karena mereka sangat konsern terhadap dunia pendidikan dan kesehatan. Mereka memiliki banyak sekali sekolah dan juga rumah sakit yang tersebar di seluruh dunia.


PERBANDINGAN JUMLAH PEMELUK AJARAN BIDAT/ALIRAN KRISTEN KRISTEN
MORMON – 14,1 juta
Aliran ini bertumbuh cukup cepat karena mereka tidak lagi terfokus untuk “menginjil” kepada orang Kristen lagi tetapi mereka mulai menggunakan teknik social seperti bantuan terhadap koban bencana dan lainnya.
SAKSI YEHUWA – 7,3 juta
Tidak diketahui mengapa pertumbuhan Saksi Yehuwa seperti berjalan di tempat. Bahkan jika dibandingkan dengan gerakan Mormon yang memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan. Sangat dimungkinkan karena sasaran penginjilan mereka masih terfokus kepada orang Kristen saja.
ALIRAN SESAT LAINNYA – 5 sampai 6 juta

1 komentar:

Silvester Detianus Gea mengatakan...

Mohon koreksi: Konsili di Efesus tahun 431 tidak membahas mengenai keilahian Maria.Konsili Efesus membahas tentang bagaimana Maria disebut sebagai Bunda Allah, dalam arti bahwa Yesus itu adalah Allah. Penyebutan Bunda Allah dilandaskan pada Luk. 1:42-43.