Jumat, 24 Februari 2012

DAFTAR GEREJA TERTUA DI DUNIA

Sebelumnya saya akan membatasi daftar ini, bahwa daftar ini hanya memuat gereja-gereja yang masih bisa digunakan untuk beribadah. Sebuah gereja tua dan terkenal di Turki yang bernama Hagia Sophia tidak saya masukkan, karena saat ini tempat itu tidak berfungsi lagi sebagai gereja namun hanya sebagai museum. Berbeda dengan Gereja St. Peter di Antiokia Turki yang saya tetap masukkan, karena walaupun sebagai museum, gereja ini masih bisa digunakan untuk beribadah, walaupun harus seizin petugas museum.
Berikut adalah daftarnya:

St, Peter, gereja tertua di dunia
1. St. Peter
Letak: Antiokia, Turki
Gereja ini memiliki nama asli Knesset Mar Semaan Kefa atau Gereja Gua Kefas (Petrus). Gereja ini terdiri dari sebuah gua yang diukir di gunung Starius dengan kedalaman sekitar 13 meter dan dulunya digunakan oleh umat Tuhan di Antakya (dekat Antiokia). Diprediksi, bahwa gereja ini sudah ada sejak tahun 200 M, atau bisa disebut sebagai gereja tertua saat ini yang masih berfungsi.
Halaman dari gereja ini digunakan untuk pekuburan selama ratusan bahkan ribuan tahun. Dalam gereja sendiri terdapat beberapa makam, khususnya lokasi sekitar altar.
Sangat mungkin bahwa gereja ini memiliki hubungan sejarah, karena menurut Kisah Para Rasul, di Antiokialah para pengikut Yesus pertama kali disebut KRISTEN. (KPR 11:25-27)

2. Panagia Ekatontapiliani
Letak: Parikia, Pulau Paros, Yunani
Padahal pintunya tidak sampai 100.
Gereja ini sering disebut juga sebagai "Gereja 100 Pintu" dan didirikan pada era Bizantium. Komplek gereja ini berisi kapel utama yang dikelilingi oleh dua kapel lainnya dan juga kolam baptisan yang berbentuk salib.
Tidak diketahui dengan pasti alasan mengapa gereja ini disebut 100 pintu, karena memang pada dasarnya gereja ini tidak memiliki pintu sebanyak itu.
Diperkirakan, gereja ini berdiri pada tahun 326 M. Namun ada beberapa barang dan ornamen di dalamnya yang kemungkinan besar berasal dari tahun sebelumnya. Gereja ini didirikan oleh ibu dari Kaisar Konstantin, Helen (St. Helen yang Agung) ketika dia hendak melakukan perjalanan ke Yerusalem.
Gereja ini sempat rusak parah akibat gempa bumi yang terjadi pada abad ke-18, namun kembali direnovasi.

3. Basilika Santo Petrus
Letak: Vatikan
Gereja ini dipercaya berdiri diatas makam dari Rasul Petrus yang terbunuh oleh Kaisar Nero. Gereja ini pertama kali berdiri pada sekitar tahun 300 Masehi, dimana pada sekitar tahun tersebut dikeluarkan sebuah Edik Milan, dimana orang Kristen tidak lagi dilarang dalam menjalankan ibadahnya.
Gereja ini awalnya dibangun oleh Kaisar Konstantin pada tahun 319-333 M dan berulang kali mengalami pemugaran dan penambahan lokasi.
Gereja ini saya tidak akan bahas karena, saya sudah pernah membahasnya di DAFTAR GEREJA TERBESAR DI DUNIA.

4. Katedral Trier
Letak: Trier, Jerman
Gereja ini dibangun oleh Uskup Trier ketika mendengar pertobatan Kaisar Konstantin yang merencanakan membangun gereja terbesar di dunia pada saat itu (bahkan ketika berdiri, sempat mengalahkan besarnya Basilika Santo Petrus).
Gereja ini sempat mengalami perombakan setelah mengalami kerusakan berat yang diakibatkan oleh kaum Frank. Tahun 882, bangsa Normandia kembali menghancurkan gereja ini, namun kembali direnovasi kembali.
Untuk lihat gambar klik disini.

5. Basilika Santa Maria
Letak: Trastevere, Italia
Gereja ini termasuk salah satu gereja tertua, dan merupakan gereja tempat pertama kali diadakan Misa secara terbuka. Lantai dasar dan tembok utama, dibangun pada tahun 340 M.
Untuk lihat gambar klik disini.

6. Basilika Saint Pierre aux Nonnains
Letak: Metz, Prancis
Awalnya, gedung ini merupakan gimnasium yang merupakan bagian dari Kompleks Spa Kerajaan Roma yang kemudian dialihfungsikan sebagai gereja tahun 380. Pada abad ketujuh, seluruh Kompleks ini dijadikan kompleks Gereja.
Untuk lihat gambar klik disini.

7. Gereja St. George
Letak: Sofia, Bulgaria
Gereja ini didirikan dengan menggunakan batu bata klasik yang bernama rotunda. Saat ini, Gereja St. George berada di belakan Hotel Sheraton Sofia.
Gereja ini awalnya dibangun oleh bangsa Romawi pada abad ke-4. Gereja ini sangat terkenal dahulu karena lukisan yang ada dalam kubah tengah yang kemudian menjadi cikal bakal lukisan kaca dalam gereja.
Untuk lihat gambar klik disini.

Tidak ada komentar: